Mulai Dipakai RI, Apa sih Efek Samping yang Bisa Ditimbulkan Vaksin Pfizer?

Terkini.id, Jakarta – Mulai dipakai RI, apa sih efek samping yang bisa ditimbulkan vaksin Pfizer? Di samping vaksin AstraZeneca dan Sinovac, pemerintah RI kini mendatangkan vaksin Pfizer guna mempercepat vaksinasi. Sebanyak 1.560.780 dosis vaksin Pfizer tiba di Terminal Cargo Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten pada Kamis 19 Agustus 2021 lalu.

Kedatangan vaksin Pfizer tersebut merupakan tahap ke-39 yang didatangkan pemerintah dari luar negeri.

Adapun vaksin Pfizer yang diperoleh itu adalah kedatangan pertama dari vaksin mRNA dari Amerika Serikat (AS). Pfizer diperoleh Indonesia melalui pembelian secara mandiri.

Baca Juga: Resmi, BPOM Berikan Izin Penggunaan Paxlovid Sebagai Obat Covid-19

Vaksin mRNA Pfizer bekerja dengan cara mengubah sel-sel tubuh menjadi ‘pabrik kecil’ pembuat vaksin untuk sementara. Hal ini dilakukan menggunakan versi sintesis dari sesuatu yang disebut messenger RNA (mRNA), molekul yang biasanya membawa kode genetik dari DNA sel ke sistem pembuat proteinnya.

Dalam hal ini, mRNA memerintahkan tubuh untuk membuat spike protein yang digunakan Sars-CoV-2 untuk memasuki sel. Ini secara bergiliran pula, merangsang tubuh untuk membuat antibodi yang tahan lama terhadap virus.

Baca Juga: Vaksin COVID-19 dan Kontraindikasi Buat Ibu Menyusui

Menurut tinjauan WHO, dilansir Reuters, vaksin tipe mRNA ini telah mencapai kriteria yang wajib dimiliki vaksin dalam hal keamanan dan efikasi atau efektivitas vaksin terhadap virus.

Menyoal efikasi vaksin Pfizer, berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan di New England Journal of Medicine, vaksin ini 95 persen efektif mencegah virus corona dalam uji fase tiga yang melibatkan lebih 43 ribu orang.

Hasil pada pemakaian Pfizer di lapangan pun sejauh ini terpantau efektif. Menurut data dari organisasi keperawatan kesehatan terbesar Israel, menemukan setelah suntik dua dosis Pfizer, sebanyak 94 persen efektif melawan gejala Covid-19.

Baca Juga: Vaksin COVID-19 dan Kontraindikasi Buat Ibu Menyusui

Selain itu, juga mencegah 87 persen rawat inap lantaran virus corona. Data itu pun menurut hasil yang dipublikasikan rekan sejawat.

Tidak dipungkiri, kehadiran Pfizer itu sangat ditunggu dan diburu masyarakat. Seperti dilansir dari kumparancom, Rabu 25 Agustus 2021, kabar terbaru menyebutkan, vaksin ini juga bisa disuntikkan untuk anak usia 12 tahun ke atas.

Selain itu, vaksinasi Pfizer juga ditujukan bagi ibu hamil, ibu menyusui, sasaran yang memiliki kondisi immunocompromised seperti autoimun, komorbid berat, penyakit kronis, dan gangguan imunologi lainnya.

Kendati berdasarkan laporan sementara vaksin Pfizer tidak menimbulkan efek samping berbahaya, tidak berarti vaksin ini tidak menimbulkan efek sekali.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), ada sejumlah efek samping yang mungkin bakal dialami penerima vaksin saat disuntik Pfizer.

Berikut beberapa efek sampingnya seperti nyeri di lengan, kemerahan, pembengkakan, efek samping pada tubuh seperti kelelahan, sakit kepala, nyeri otot, panas dingin, demam, dan mual.

Bagikan