Mutu Pendidikan Terjamin, STITEK Balik Diwa Sukses Pertahankan Akreditasi B

Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan STITEK Balik Diwa, Muh. Ikramullah Akmal, S.Sos., M.Si

Terkini.id, Makassar – Sekolah Tinggi Teknologi Kelautan (STITEK) Balik Diwa Makassar kembali memperoleh Akreditasi B. Akreditasi ini berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT No. 72/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/PT/IV/2020.

Sebuah capaian yang luar biasa karena STITEK Balik Diwa Makassar kembali mempertahankan Predikat Akreditasi B tersebut sejak tahun 2015.

Capaian Akreditasi B membuktikan bahwa STITEK Balik Diwa Makassar sudah memenuhi kriteria dari syarat-syarat penilaian akreditasi. Meliputi kurikulum dari setiap program pendidikan, prestasi dosen dan mahasiswa, proses belajar-mengajar, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta kerjasama antar perguruan tinggi lainnya.

Saat ini setiap perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta harus melakukan akreditasi. UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi sudah mewajibkan akreditasi sebagai syarat pemberian izin bagi Perguruan Tinggi.

Akreditasi diperlukan untuk menjamin mutu dari suatu lembaga pendidikan. Selain itu, untuk masyarakat umum, akreditasi juga bisa menjadi alat ukur sistem penjaminan mutu suatu Perguruan Tinggi dalam melakukan proses belajar mengajar.

Menarik untuk Anda:

Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan, Muh. Ikramullah Akmal, S.Sos., M.Si mengatakan bahwa capaian Akreditasi B menjadi menjadi penanda Perguruan Tinggi tersebut dianggap telah bermutu baik. Sehingga mahasiswa akan mendapatkan jaminan pelayanan pendidikan yang berkualitas saat menjalankan studi.

“Jaminan ini tak hanya diperoleh pada proses pembelajaran, tapi juga pada proses rekruitmen dan penyerapan alumni di dunia kerja,” ujar Ikramullah Akmal yang akrab disapa Ikram.

Lebih lanjut ia mengatakan, para lulusan Perguruan Tinggi berakreditasi B akan mendapat kesempatan bekerja di berbagai instansi swasta ataupun pemerintah.

“Lulusan dari kampus berakreditasi di bawah B, tentu saja tidak bisa dan tidak menjadi prioritas dunia kerja,” ujar Ikram.

Capaian akreditasi ini, kata Ikram, tentu sangat menjadi pertimbangan dalam penerimaan mahasiswa.

“Animo masyarakat akan terus meningkat untuk memilih program studi minimal berakreditasi B sebab orang tua dan calon mahasiswa menjadikan akreditasi sebagai barometer mutu sebuah perguruan tinggi,” terangnya.

STITEK Balik Diwa Makassar membuka program sarjana Teknologi Hasil Perikanan, Budidaya Perairan, Pemanfaatan Sumberdaya Perairan, dan Ilmu Kelautan serta program magister Sumber Daya Akuatik.

Kesempatan bergabung dapat dilakukan dengan mendaftar melalui website (pendaftaran.stitek-balikdiwa.ac.id), kontak whatsapp (0811-4088-22), atau datang langsung ke kampus yang beralamat di Jalan Perintis Kemerdekaan Km. VIII No. 8, Makassar sebelum tanggal 31 Juli 2020.

Ikram mengaku bangga karena STITEK Balik Diwa bisa memberikan fasilitas beasiswa kepada mahasiswanya, baik beasiswa unggulan, beasiswa PPA, sampai beasiswa bidikmisi/KIP-Kuliah untuk menunjang pendidikan mahasiswa.

Ia pun berharap STITEK Balik Diwa Makassar bisa terus menjalin kerjasama dengan berbagai pihak serta menjadi episentrum pilihan calon mahasiswa sehingga mampu melahirkan generasi terbaik untuk masa depan Indonesia.

Citizen Reporter: Rezki Andriani Putri Sinta

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Gandeng BPSDMP Kominfo Makassar, FIKOM UMI Kembangkan Penelitian dan SDM

UNHAS Lepas Ribuan Mahasiswa KKN di Tengah Pandemi

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar