Ganjar Pranowo Akan Buat Sumur Resapan Untuk Atasi Banjir, Netizen: Copas Ide Anies

Terkini.id, Jakarta – Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah memberikan tanggapannya soal banjir di Jawa Tengah yang sedang terjadi.

Untuk mengatasi banjir Semarang, Ganjar Pranowo berencana akan membangun sumur resapan untuk mencegah terjadinya banjir.

Ganjar Pranowo juga sudah memberikan perintah kepada Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Tengah agar menyebarkan wacana mengenai sumur resapan ini ke seluruh kabupaten/kota.

Baca Juga: Dinilai Menginspirasi, Anak Muda Banten Dukung Ganjar Presiden 2024

“Untuk menangani seluruh air yang turun, jadi kalau hujan turun dan kemudian hutannya gundul dan sebagainya pasti air akan langsung turun sampai bawah,” ujar Ganjar Pranowo, dikutip dari detikcom, Selasa 28 Juni 2022.

“Bagaimana menjaga air agar tidak muspro, tidak mengalir begitu saja. Maka sumur resapannya dibikin di dataran tinggi. Sebenarnya sebelum dia mengalir ditahan dulu, dan itu nanti akan berdaur dan limpahannya tidak sampai ke bawah,” lanjut Ganjar Pranowo.

Baca Juga: Beri Solusi Kesejahteraan, Nelayan Sulsel Dukung Ganjar Presiden 2024

“Kami sudah minta pada Dinas Lingkungan Hidup kita untuk sampaikan ke kabupaten/kota yang punya daerah tinggi, yuk semua buat, maka kalau kemudian secara teknis dihitung dan mana yang masuk dataran tinggi, dan di sana katakan ada kawasan perumahan dan sebagainya, kita wajibkan saja. Agar setiap rumah membuat satu saja sumur resapan di halamannya, kalau dibuat serentak bisa membantu mengelola air dengan baik,” tambah Ganjar Pranowo.

Lebih lanjut lagi, Ganjar Pranowo berpendapat bahwa sumur resapan sudah terdapat di Jawa Tengah, namun belum semua rumah mempunyai sumur resapan.

Ganjar Pranowo berharap masyarakat Jawa Tengah bisa berpartisipasi untuk membuat sumur resapan ini agar mencegah terjadinya banjir yang dahsyat.

Baca Juga: Beri Solusi Kesejahteraan, Nelayan Sulsel Dukung Ganjar Presiden 2024

“Sudah ada tapi tidak masif, kalau satu rumah di dataran tinggi satu saja (sumur resapan), maka akan bisa berjalan. Maka ini saya minta gerakkan, butuh partisipasi masyarakat,”

Melihat pemberitaan ini, netizen menganggap bahwa ide sumur resapan ini sama seperti wacana yang dilakukan oleh Anies Baswedan.

Sebagian netizen juga menilai bahwa ide Ganjar Pranowo ini adalah tindakan yang salah.

Cuitan Netizen Soal Rencana Ganjar Pranowo Cegah Banjir Jawa Tengah (screenshot dari kolom komentar akun Twitter @detikcom)

“Copas ide pak Anies,” tulis akun Twitter Eko68815124, dilihat pada Selasa 28 Juni 2022.

“Gak takut Pak di serang buzzeRp, nyamain program gubernur DKI,” tutur akun Twitter @NengsihRamayani.

“Terbukti, Anies keren,” ungkap akun Twitter @ekobudiyanto_.

“Nyuwun sewu pak ganjar, untuk safety ekologi, yg lebih aman itu sumur resapan itu didataran rendah. Sedang dataran tinggi dg penghutanan. Karena kalau dataran tinggi di buat sumur resapan maka tanahnya jadi mudah lunak & ikatan tanah akan hilang. Jadi akan banyak bencana longsor,” ulas akun Twitter @Suprapt28959208.

“Nebeng pohon untuk gali sumur resapan di dataran tinggi, ujungnya kaya gini. Ga kebalik pak,” pungkas akun Twitter @agung_sofianto.

Bagikan