Pasien Covid-19 Naik Tinggi, RS di Makassar Perkuat Sarana Olahraga hingga WIFI

Terkini.id, Makassar – Angka COVID 19 di Kota Makassar terus mengalami kenaikan. Hal ini pun membuat sejumlah rumah sakit penuh.

Tingginya keterisian kamar salah satunya dialami Rumah Sakit Labuang Baji Makassar, Sulawesi Selatan.

Di tempat ini, dalam sehari ada 74 pasien masuk dengan berbagai keluhan yang ada. Pasien ini umumnya mengalami demam, flu, batuk hingga sesak nafas.

Baca Juga: Tenaga Honorer Fiktif ‘Hantui’ Pemerintah Kota Makassar

“Selama pandemi libur panjang kemarin bulan Desember mulai mengalami kenaikan, sekarang itu dalam sehari sudah di atas 60 sampai hari kemarin itu yang masuk sudah 74 pasien dengan berbagai keluhan seperti COVID 19,” kata Kepala Ruangan IGD RS Labuang Baji Makassar, Yusnani, Rabu 15 Januari 2021.

Yusnani menjelaskan jumlah pasien yang masuk itu melalui screening ketat oleh pihak Rumah Sakit. Screening ini untuk memastikan berbagai gejala dan penyebab pasien sebelum dilakukan perawatan di kamar khusus penderita COVID 19.

Baca Juga: Soal Pakai Masker, Ustaz Ihsan: Yahudi Buat Aturan Itu karena...

“Jadi jumlah yang masuk tadi itu kita lakukan pemeriksaan ketat, tidak serta merta langsung vonis, di sinikan ada 10 ruangan di IGD, kita ambil PCR Swab dulu dan foto toraks kemudian yang dinyatakan positif COVID kita lakukan penanganan,” jelasnya.

Meski angka COVID 19 tinggi, RS Labuang Baji Makassar menjadi rumah sakit dengan angka kesembuhan cukup tinggi, dalam sehari 5 hingga 10 pasien dinyatakan sembuh dari COVID 19, hal ini lantaran pelayanan dilakukan dengan fasilitas dan pelayanan memadai.

“Kami lakukan perawatan pasien COVID 19 itu sampai sekarang ada 125 pasien tapi mungkin sebentar ada penambahan lagi, yang sembuh cukup tinggi dalam sehari bisa 10 pasien,” kata Kepala Satgas COVID 19 RS Labuang Baji Makassar, dr Ihwan.

Baca Juga: Baru 4 Paket, Dewan Dorong Percepatan Tender Pemkot Makassar

Ihwan mengatakan ruangan bagi pasien COVID 19 merupakan ruangan VIP dari kamar lainya, mereka mendapatkan pelayanan dan perawatan khusus agar pasien merasa senang dan gembira selama menjalani perawatan di RS Labuang Baji Makasar.

“Kita bisa lihat ruangan kita berikan VIP dengan pemandangan langsung ada jendelanya, perawatan dan pelayanan kita berikan juga baik, jadi mereka tidak merasa bosan dan tidak stres,” terangnya.

Tak hanya itu, kamar yang disiapkan di Rumah Sakit tersebut menyerupai kamar hotel dengan fasilitas spring bed untuk tempat tidur, kamar dilengkapi tv hingga fasilitas Wifi gratis. RS Labuang Baji Makassar juga menyiapkan sarana olahraga di bagian rooftop atau di atas Rumah Sakit tersebut.

“Pemberian suplemen vitamin, makanan bahkan kamarnya kita siapkan spring bed baru dengan tv dan wifi yang ada. Pasien yang sudah baik dilakukan pemilihan bisa gunakan sarana olaraga di bagian atas rumah sakit,” terangnya.

Bagikan