Pedagang Sayur Kreatif yang Menginspirasi

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan

Terkini.id, Makassar- Raungan roda dua dengan deru sedikit memecah keheningan sudut lorong, Perlahan menghampiri dengan bunyi decitan rem yang beradu dengan aransemen cipratan air dari kotak bekas jerigen.

Singgah tepat didepan penulis yang lagi bersantai, diawali obrolan ringan, penulis melirik motor pedagang unik ini.

Eksotik dan trendy juga konsep yang diusung , perpaduan koloborasi berbau koalisi.

Pedagang yang murah senyum serta memiliki kumis yang tebal tersenyum melihat motornya kayak artis top, ditambah beberapa warga sekitar lorong sempat selfie disamping motornya.

Tanpa pikir panjang, jurus rajawali jepret , terdengar bunyi klik pada smartphone dalam mengambil momen , jepretan gambar diambil pada seluruh tubuh motor pedagang, tanpa satu helaipun terlewatkan.

Namun batin serta pikiran ini sedikit menerawang, Nampaknya ada sesuatu yang unik dan menarik dari tampilan kendaraan yang dipakai berjualan. Unik,menarik, keren, mantul, cetar.

Pandangan tertuju dimana dua jenis dagangan yang sering kita temui dalam keseharian dengan pedagang yang berbeda. Namun ditangannya ikon macam-macam sayuran dan aneka ikan dijadikan satu brand.

Nampaknya penjual ini melakukan sesuatu yang berbeda polanya dalam promosi penjualan.

Penulis salut melihat lelaki ini melakukan pemikiran out off the box (berpikir diluar kotak) segmen usahanya yang berbeda

Berpikir di luar kotak adalah batasan cara berpikir di luar masalah yang ada atau dengan metode berpikir imajinatif menggunakan perspektif (sudut pandang) yang baru.

“Perumpamaan pembatasan diri seseorang pada saat melihat suatu permasalahan. seperti dalam definisi yang lebih luas, berpikir di luar kotak dideskripsikan sebagai suatu cara pikir baru di luar habbit (kebiasaan ) dari cara berpikir yang umum.

Metode cara berpikir yang berbeda dari orang-orang pada umumnya, cara berpikir kreatif, menembus batasan kemampuan diri sendiri dan kelompok , menerapkan cara berpikir yang mungkin tidak pernah terpikirkan oleh siapapun sebelumnya.”

Terlintas dalam ingatan penulis seorang sosok yang lagi ngetop di Makassar hingga Jakarta dan kota lain di Indonesia.

Pernah dengar yang menjadi viral kata katanya “bantu ser bantu ap gaes, sukerker, strubutor.” Demikian penggalan kalimat yang dapat ditemui lewat link YouTube Bunda Ela Pondosion. Tehnik strategi pemasarannya yang cetar membahana menembus batas jagat maya.

Seperti yang diulas sebelumnya , Kembali ke pedagang unik ini yang telah memodifikasi secara sederhana, pada salah satu bagian sehingga potongan Patron depan berfungsi sebagai tempat alas dudukan sayur. Sekilas mirip konstruksi becak motor/ bentor, namun tanpa atap dan jok buat penumpang.

Beralih ke belakang motor , nampak sadel pengemudi disandingkan empat buah keranjang ,dari jerigen air duapuluh liter, dipastikan volume isi ikan yang dijual pastilah dapat memuat jumlah lebih banyak.

Sangat menarik inovasi lelaki yang tidak mau disebutkan namanya ini, demi memenuhi kebutuhan keluarga.

Jempol mantul buat lelaki tangguh dan inovatif ini yang telah menularkan ide brilian pada perubahan cara berpikir yang umum.

Starategi perubahan memakai tehnik ‘out off the box ‘ Suatu keniscayaan yang bisa diaplikasikan kedalam kehidupan sehari-hari.

Dari hal hal kecil bisa melahirkan karya karya yang besar nantinya.

Komentar

Rekomendasi

Pangkogabwilhan I Resmikan Rumah Sakit Covid-19, Ini Fasilitasnya

Bupati Enrekang: Pejabat Sekalipun Harus Patuhi SOP Jika Melintas di Pos Siaga Covid-19

Pakai Aplikasi Zoom, Bupati Enrekang Pimpin Rapat Lintas Perangkat Desa

Dosen Farmasi Unhas Bagi 170 Paket Sembako ke Masyarakat Kurang Mampu

Peduli masyarakat, Personil Polres Gowa Kunjungi Tokoh Masyarakat Menyampaikan Informasi Isi Maklumat Kapolri Tentang Covid-19

Jajaran Polres Gowa Bagi 1.000 masker 50 Ribu Brosur.

Gudang Triplex Toko Maju Makmur, Menuai Tanya Warga Sekitar

Dukung Ketersediaan Stok PMI, Yonif R514 Gelar Donor Darah

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar