Pelaku Pemasang Kamera di Toilet Mahasiswi UIN Alauddin Makassar Diduga Mengidap ‘Voyeurisme’

Toilet Mahasiswi
Kamera ditemukan terpasang di toilet mahasiswi kampus UIN Alauddin Makassar. (Foto: Quipper)

Terkini.id, Makassar – Pihak kampus UIN Alauddin Makassar melaporkan temuan adanya kamera GoPro yang terpasang di salah satu toilet mahasiswi.

Temuan tersebut dilaporkan ke Polsek Somba Opu, Kabupaten Gowa, lantaran kampus UIN Alauddin Makassar masuk dalam wilayah hukum Polsek Somba Opu.

Terkait kasus tersebut, Kasubag Humas Polres Gowa AKP Mangatas Tambunan mengatakan bahwa pihaknya telah mengamankan terduga pelaku pemasang kamera dan saat ini masih sementara diperiksa intensif.

“Terduga pelaku sudah diamankan. Anggota Polsek yang amankan,” kata Mangatas kepada awak media, Sabtu, 9 November 2019.

Aksi yang dilakukan pelaku kemungkinan merupakan perilaku seks ‘Voyeurisme’.

Dilansir dari Detik Health, dalam dunia medis perilaku ini merujuk pada kecenderungan mengamati orang saat melepas pakaian, tanpa busana, atau sedang melakukan kegiatan seksual.

Elemen kunci dalam Voyeurisme adalah orang yang menjadi objek tidak tahu sedang diamati. Biasanya orang yang diperhatikan berada di tempat yang seharusnya menjamin privasi, misal rumah atau wilayah pribadi lainnya.

Pelaku yang disebut Voyeur biasanya mengamati dengan cara mengintip objek, sehingga kadang disebut ‘peeping Tom’.

Voyeurisme yang merujuk pada kesenangan mengamati orang, mungkin tidak berkembang dari sekadar fantasi. Misal, pelaku mengalami masturbasi saat berfantasi mengamati seseorang dari kejauhan.

Namun, Voyeurisme bisa berkembang menjadi gangguan paraphilia yang disebut Voyeuristic Disorder.

Pelaku tak hanya berfantasi, tapi juga punya dorongan melepaskan hasrat seks yang melibatkan benda mati, anak-anak, atau orang dewasa tanpa izin.

Berita Terkait
Komentar
Terkini