Pemkot Palopo Perpanjang Masa Libur Sekolah Hingga 1 Juni 2020

Pemkot Palopo
Walikota Palopo HM. Judas Amir

Terkini.id, Palopo – Guna mengantisipasi mewabahnya Virus Corona, atau Covid-19. Pemerintah Kota Palopo menambah libur sekolah mulai dari tingkat PAUD-TK, SD, SMP, hingga SMA-sederajat hingga tanggal 1 Juni 2020.

Sebelumnya, Walikota Palopo HM. Judas Amir mengeluarkan surat edaran walikota palopo nomor 555/Dinkes/III/2020 dan nomor 020/147/ORG/III/2020 terkait meliburkan sekolah sejak Senin 16 Maret 2020 hingga 31 Maret 2020 dan

kepada warga untuk tidak bepergian keluar rumah bila tidak perlu.

Namun, karena kondisi virus corona yang hingga saat ini masih mewabah Pemkot Palopo memperpanjang libur anak sekolah.

Walikota berharap ada perpanjangan libur sekolah ini dapat dimanfaatkan sebaik bagi para orang tua murid untuk membantu serta membimbing anak anak didik melalui pembelajaran daring atau online.

Baca juga:

“Selain membantu anak didik belajar melalui online, orang tua atau wali murid dapat menjaga anak-anak agar tetap di rumah, agar selalu aman. Jangan jangan sampai sekolah diliburkan, tapi anak-anak lebih sering keluar rumah,” ujar Judas Amir.

Walikota juga mengingatkan kepada masyarakat, walaupun belum ada positif Corona di Kota Palopo, semua pihak harus tetap waspada.

“Karena apa yang dilakukan pemerintah saat ini, adalah langkah antisipasi dalam mencegah semakin mewabahnya Virus Corona,” terangnya.

Perpanjangan masa libur sekolah juga dibenarkan oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Palopo, Asnita Darwis.

Menurutnya, selain memperpanjang libur para siswa di tengah mewabahnya Virus Corona, pihaknya juga meniadakan USBN.

“Peniadaan USBN ini bukan berarti tidak ada ujian. Hanya saja kita gantikan dengan ujian sekolah, dan kegiatan belajar di rumah dipantau melalui mekanisme daring atau penugasan dengan tetap mempertimbangkan pemenuhan kurikulum sekolah,” jelas Asnita.

Lanjutnya, dalam isi surat edaran itu juga pihak sekolah diimbau membangun jejaring komunikasi dengan orang tua siswa, serta terus menyosialisasikan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan social/physical distancing untuk mencegah penyebaran covid-19 dengan tetap memberikan ruang bermain dan waktu rekreatif kepada siswa untuk berkreatifitas di Halaman rumah masing-masing.

Terkait perpanjangan masa libur sekolah, sesuai dengan surat edaran walikota nomor: 421/462/Disdik/III/2020, dan mengenai ujian sekolah sebagai pengganti USBN, dimana saat ini pihak Disdik sementara merumuskan strategi standar kelulusan siswa.

Komentar

Rekomendasi

Judas Amir Perintahkan Semua Kantor Kibarkan Bendera Merah Putih

Pemkot Palopo Peringati Hari Lahir Pancasila Dengan Cara Ini

Pemkot Palopo Perpanjang Masa Belajar di Rumah

Klarifikasi Dinas PUPR Palopo Soal Isu Pembangunan Talud

Kelima Kalinya, Pemkot Palopo Raih Opini WTP

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar