Peneliti Sebut Rasa Cemburu Bisa Berdampak Positif Untuk Hubungan Asmara

Asmara
Rasa cemburu ternyata tak selamanya berdampak negatif untuk hubungan asmara. (foto: fimela)

Terkini.id – Ada yang bilang bahwa cemburu adalah bumbu dalam sebuah hubungan asmara. Ada juga yang bilang tanpa cemburu maka hubungan akan terasa hambar karena kurangnya percikan-percikan tersebut.

Cemburu adalah sebuah perasaan dimana seseorang merasa pasangannya tidak lagi fokus pada dirinya dan lebih fokus pada sesuatu/orang lain.

Kecemburuan memang lebih banyak disebabkan oleh rasa tidak aman/insecurity dari seseorang. Dan seringkali, dasar cemburu sama sekali tidak masuk akal.

Perasaan cemburu yang tidak ditangani dengan baik akan melebar dan menyebabkan konflik berkepanjangan. Namun dibalik dampat negatifnya, ternyata rasa cemburu juga bisa mendatangkan dampak positif dalam sebuah hubungan asmara.

Dilansir dari Men’s Health, Sabtu 15 Juni 2019, sebuah penelitian yang dipimpin Adam Davis menganalisis dampak tipe cemburu terhadap kecenderungan seseorang bertahan dengan pasangannya.

Cemburu bisa berdampak positif bagi perempuan

Asmara
Ilustrasi kecemburuan pada wanita. (foto: grid)

Hasil penelitian Davis mengungkapkan bahwa satu tipe rasa cemburu ternyata memiliki dampak baik, akan tetapi hanya untuk satu gender.

Tipe cemburu tersebut, kata dia, yakni tipe reactive yang memiliki dampak positif pada perempuan.

“Perempuan yang mengalami tipe rasa cemburu ini biasanya lebih sering mengeluarkan perilaku positif terhadap pasangan seperti memuji pasangan. Tipe rasa cemburu ini bisa memberikan manfaat untuk kesehatan dan kekuatan hubungan romantis,” ujar Davis.

Nah, dari penuturan Davis tersebut kita dapat mengetahui bahwa tak selamanya rasa cemburu itu mendatangkan efek negatif dalam hubungan asmara. Bisa saja, perasaan tersebut malah makin mempererat hubungan kita dengan pasangan.

Berita Terkait