Masuk

Pengamat Politik Prediksi Ganjar Akan Terima Tawaran Partai Lain Jadi Capres 2024

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Pengamat politik sekaligus pendiri Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Saiful Mujani prediksi Gubernur Jawa Tengah, Ganjar pranowo berpeluang menerima tawaran partai lain jika PDIP tidak mencalonkannya sebagai capres di Pilpres 2024.

Sebab dalam survei terkini SMRC, Ganjar disimulasikan dicalonkan oleh Partai Golkar. Hasilnya, hal itu berdampak signifikan bagi peningkatan suara Golkar.

Meski demikian, dia menyarankan agar Ganjar tak berpindah partai lantaran hal itu dipandang kurang baik dalam etika politik.

Baca Juga: Kepala BMKG Jawab Permintaan Ganjar Agar Rekayasa Cuaca Dilakukan di Jawa Tengah

Saiful menyarankan agar Ganjar tetap berada di PDIP menunggu keputusan Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri terkait pencapresan.

Saiful bahkan mengingatkan bahwa karir Ganjar di PDIP sudah panjang bahkan hingga ada kesan Ganjar dan PDIP tak bisa dipisahkan.

“Ganjar ini orang terbuka kemungkinan kan begitu, apalagi kalau ada yang memberikan penjelasan-penjelasan yang meyakinkan, bisa saja Ganjar tidak maju dari partai PDIP,” kata Saiful.

Baca Juga: Ganjar Buka Suara Soal Dana Baznas Untuk Perbaikan Rumah Kader PDIP

Namun, Saiful juga menekankan jika Ganjar mendapatkan penawaran dari partai lain, seharusnya dia tidak menerimanya.

“Dalam rangka pendidikan politik kita, harusnya itu tidak baik itu. Harusnya itu tidak dilakukan karena harusnya orang yang sudah berkarir di partai politik begitu panjang, harus konsisten ada di situ,” ucap Saiful.

Dia juga mengatakan saat ini Ganjar memang berada di puncak lantaran sebagai Gubernur Jawa Tengah. Namun, bukan berarti dengan alasan itu, Ganjar bisa dengan mudah menerima tawaran dari partai lain jika ada.

“Jangan justru dia udah ada di puncaknya, dia keluar misalnya dari partainya. Itu itu tidak baik dalam rangka penguatan sistem kepartaian yang ada di tanah air,” ujarnya.

Baca Juga: Ganjar Buka Suara Atas Terjadinya Banjir di Semarang

Diketahui survei yang dilakukan SMRC pada tanggal 3 Oktober 2022 hingga 9 Oktober 2022 lalu, menunjukkan bahwa elektabilitas Golkar naik dari 11 persen menjadi 17 persen apabila mencalonkan Ganjar sebagai capres 2024.

Pengamat politik atau pendiri SMRC, Saiful Mujani. [YouTube Kompas.com]

Sebaliknya, elektabilitas PDIP diperkirakan turun jika Ganjar dicalonkan oleh Golkar sebab suara pendukung Ganjar dari PDIP akan berpindah ke Golkar, dikutip dari YouTube Kompas.com pada Sabtu 19 November 2022.