Pengusiran Setan, Ritual Spiritual yang Kontroversial

Ilustrasi eksorsisme. Pengusiran setan adalah ritual keagamaan atau spiritual yang dijalankan untuk menyembuhkan orang dari kerasukan setan. Ritual ini kontroversial, sebagian karena penggambarannya dalam budaya pop dan film-film horor. / Istimewa

TERKINI.id – Pengusiran Setan, Ritual Spiritual yang Kontroversial. Pengusiran setan adalah ritual keagamaan atau spiritual yang dijalankan untuk menyembuhkan orang dari kerasukan setan. Ritual ini kontroversial, sebagian karena penggambarannya dalam budaya pop dan film-film horor.

Melalui sebuah artikel terkait pengusiran setan dalam “The Conversation”, dosen dari Fakultas Hukum Nottingham, Hellen Hall belum lama ini mengatakan praktik tersebut bermakna membebaskan sebuah tempat (rumah), orang, atau bahkan benda dari semacam bentuk pengaruh spiritual yang negatif.

Helen yang juga merupakan seorang pendeta Anglikan mengatakan, keyakinan dan ritual mengenai hal tersebut ditemukan pada hampir semua budaya dan kepercayaan.

Sejatinya, pengusiran setan atau dalam bahasa Inggris, exorcism, berasal dari kata “sumpah” dalam bahasa Yunani. Ritualnya banyak dipraktikkan hingga zaman sekarang, kebanyakan oleh pengikut agama-agama besar dunia.

Francis Young dalam buku “A History of Exorcism in Catholic Christianity”, membahas jika praktik pengusiran setan terbukti sebagai fitur yang kelam namun bertahan dalam agama Katolik.

Menarik untuk Anda:

Pada 2018, sekitar 250 pastor dari 50 negara menghadiri kursus tahunan pengusiran setan di Vatikan. Hal tersebut dilakukan lantaran meningkatnya permintaan dari sejumlah komunitas Katolik dunia.

Dalam gereja Katolik, pengusiran setan dilakukan pastor-pastor terlatih yang membacakan doa dan ayat dari Alkitab yang dimaksudkan untuk mengusir setan.

Sebagaimana dijelaskan situs Catholic Online, orang yang kerasukan mungkin tersadar selagi pastor membuat tanda salib dan mencipratkan air suci.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Kepala Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Akmal Taher Mundur, Kenapa?

Berhati Malaikat, Pria Ini Sering Bayarkan Tagihan RS Pasien Miskin

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar