Menelisik Peluang dan Tantangan : KLHK Gelar Sosialisasi Pengelolaan Limbah B3 dan Non LB3

Terkini.id, Makassar –┬áSosialisasi pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun limbah B3 dan limbah non B3, bertemakan peluang dan tantangan pengelolaan limbah B3 limbah non B3 digelar dikota Makassar, bertempat di Hotel Aryaduta, 09 – 10 Oktober 2019.

Acara dibuka secara resmi oleh Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun oleh Rosa Vivien Ratnawati, SH. M.Sd yang sekaligus sebagai keynote speech, sekaligus membuka acara didampingi Direktur pengelolaan verifikasi limbah B3 Ir. Ahmad Gunawan Widjaksono MAS, juga hadir Tenaga Ahli Menteri LHK bidang Legislasi dan Advokasi Dr.Ir.Ilyas Asaad, MP, MH , Tenaga Ahli Menteri LHK bidang kebijakan Lingkungan Ir. M.Ilham Malik M.Sc , Kepala Pusat Ekoregion Sulawesi dan Maluku Dr .Ir Darhamsyah, M.Si, hadir pula dari Kementerian Perhubungan, Kementerian ESDM, BPN, dll.

Sosialisasi ini dengan dihadiri ratusan peserta yang terdiri dari perwakilan dari unit terkait internal KLHK, instansi lingkungan hidup dari provinsi dan kabupaten kota industri yang bergerak di bidang pengolahan limbah B3 serta industri penghasil limbah B3.

Pertemuan ini untuk menindaklanjuti amanat pasal 845 dan pasal 846 Peraturan Menteri LHK nomor 18 tahun 2015 tentang Organisasi dan tata kerja Kementerian LHK dimana salah satu tugas fungsi Direktorat verifikasi pengelolaan limbah B3 dan limbah non B3 adalah melaksanakan bimbingan teknis pengelolaan limbah B3 melalui kegiatan tersebut.

Terkait hal pembinaan pengelolaan limbah B3 dari aspek teknis Pengelolaan limbah B3 bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang peluang dan tantangan pengelolaan limbah B3 dari Kementerian atau lembaga terkait, mengetahui riwayat tata kelola pengelolaan limbah B3, mengupdate informasi terbaru terkait isu impor limbah ilegal.

Adapun materi yang disajikan antara lain ;

  • Perizinan pengelolaan limbah B3 oleh tenaga ahli Menteri LHK di bidang legislasi legal dan advokasi
  • Peluang dan tantangan pengelolaan limbah B3 ke depan Oleh Direktur verifikasi pengelolaan limbah B3 dan limbah non B3 Ditjen PSLB3 Kementerian LHK.
  • Arah kebijakan pemerintah dalam impor limbah B3 oleh Direktorat impor Dirjen perdagangan luar negeri Kementerian Perdagangan
  • Peluang pemanfaatan limbah B3 dalam pelaksanaan proyek strategis Nasional oleh kepala pusat penelitian dan pengembangan jalan dan jembatan kementerian PUPR.
  • Peluang pengolahan limbah B3 menjadi sumber daya baru oleh Ditjen ketenagalistrikan Kementerian ESDM
  • Peluang dan pemanfaatan limbah B3 dan limbah non B3 untuk sektor pertanian oleh Kepala Balai Besar sumberdaya lahan pertanian, Kementerian Pertanian.
  • Pemantauan dan pengawasan izin pengangkutan limbah khusus Oleh Direktur multimoda, Kementerian Perhubungan
  • Kebijakan pengolahan limbah B3 yang mengandung TENORM oleh Deputi perizinan dan inspeksi Badan Pengawas Tenaga Nuklir.
  • Rancangan peraturan Menteri LHK tentang penyimpanan dan pengemasan limbah B3 oleh kasubdit pengumpulan dan pemanfaatan limbah B3.
  • Rancangan peraturan Menteri LHK tentang pengangkutan limbah B3 oleh kasubdit pengangkutan dan pengolahan limbah B3.
  • Penerapan peraturan Menteri LHK nomor 63 tahun 2016, peraturan Menteri LHK nomor 12 tahun 2018 oleh kasubdit penimbunan dan dumping limbah B3, Dirjen PSLB3 KLHK.
  • Penetapan limbah B3 sebagai produk samping dan pengecualian limbah B3 oleh kasubdit penetapan dan notifikasi limbah B3 dan limbah non B3 Dirjen PSLB3 KLHK.
  • Peluang dan tantangan pengelolaan limbah baterai lithium di Indonesia menyambut era mobil listrik oleh Dr.Taufik Hidayat.
  • Peluang dan tantangan pengelolaan limbah B3 medis Oleh Direktur PT RSUP Wahidin Sudirohusodo.
  • Peluang dan pengolahan limbah B3 dengan fasilitas dan tailing Oleh Direktur PT Kasongan.
  • Penetapan limbah B3 sebagai produk samping oleh PT PJB UP Paiton.

Disela sela pertemuan ini, Dirjen Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 menjelaskan “pentingnya update informasi terbaru baik dari peraturan dan kebijakan Pemerintah.”

“Peluang dan tantangan pengelolaan Limbah B3 agar bisa dimanfaatkan seperti pada sampah , yang bisa mendorong circular Economi dan diharapkan sesuai arahan oleh Bapak Presiden terkait investasi, perijinan dan bagaimana agar LB3 dan non LB3 dapat dikelola dengan baik,” pungkas Rosa Vivien Ratnawati, SH. M.Sd selaku Dirjen PSLB3.

Diharapkan dengan pelaksanaan sosialisasi ini maka semakin meningkatnya pemahaman pemerintah daerah provinsi dan kabupaten kota serta pelaku usaha yang bergerak di bidang pengolahan limbah B3 Semoga dengan komitmen dan dukungan penuh dari seluruh pemangku kepentingan pengolahan limbah B3 menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Berita Terkait