Makassar Terkini
Masuk

Pj Wali Kota Makassar Yusran Jusuf: PSBB Makassar Dilonggarkan

Terkini.id, Makassar – Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Kota Makassar tahap 2 terlihat makin longgar. Tidak hanya jalanan dan pasar yang makin ramai, pelantikan Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar pun tidak ketat dalam menjalankan protokol jaga jarak.

Pemerintah kota yang seharusnya menjaga marwah Perwali No 22 Tahun 2020 justru menghelat pelantikan Penjabat Wali Kota Makassar secara terbuka.

Berdasarkan pantauan terkini.id, physical distancing dan protokol Covid-19 terabaikan saat pelantikan. Hal itu sontak menciptakan kerumunan.

Hadir dalam pelantikan Satuan Kerja Perangkat Daerah, camat, Anggota DPRD Kota Makassar, dan pejabat pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Menanggapi itu, Penjabat Wali Kota Makassar Yusran Jusuf yang baru dilantik hari ini mengatakan, pemandangan saat pelantikannya tak masalah.

“Selama yang kumpul orang-orang sehat,” ungkap Yusran, Rabu 13 Mei 2020.

Yusran mengaku sedang fokus mencari orang-orang yang membawa virus corona.

“PSBB tahap dua kita sepakat ada pelonggaran sedikit. Karena kalau diperketat semua (agak susah),” kata dia saat ditemui di ruangannya.

Di Kota Makassar, menurut Yusran, tak semua warga memiliki rumah besar dan mampu memenuhi kebutuhan pokoknya. Sehingga, ekonomi harus tetap berjalan.

“Jadi toko yang buka harus dipastikan semua pelayannya negatif,” kata dia.

Terkait dengan lambannya pemeriksaan massal rapid test sehingga pembawa virus berkeliaran dan tak terpantau, Yusran mengatakan akan melibatkan RT dan RW untuk melakukan rapid test kepada warganya.

“Kita sudah siapkan 30 ribu rapid test dan fokus ke RT dan RW,” kata dia.