Polbangtan Gowa gelar workshop dalam rangka persiapan reakreditasi institusi dan akreditasi prodi

Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa, gelar workshop dalam rangka persiapan “Reakreditasi Institusi dan Akreditasi Program Studi Budidaya Tanaman Hortikultura (D III) dengan Budidaya Ternak (D III) serta persiapan Pembukaan Program Studi Produksi Tanaman Perkebunan (D IV).

Akreditasi memberikan gambaran tingkat kinerja perguruan tinggi yang dijadikan sebagai alat pembinaan, pengembangan dan peningkatan baik dari sesi mutu, efektivitas, efesiensi, produktivitas dan inivasinya.

Berkaitan dengan Hal tersebut, untuk menjadi salah satu lembaga pendidikan vokasi yang unggul secara nacional maupun internacional, Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa, gelar workshop dalam rangka persiapan “Reakreditasi Institusi dan Akreditasi Program Studi Budidaya Tanaman Hortikultura (D III) dengan Budidaya Ternak (D III) serta persiapan Pembukaan Program Studi Produksi Tanaman Perkebunan (D IV) yang dilaksanakan di Hotel Remcy Makassar. Kamis, (21/11).

Direktur Polbangtan Iowa, secara langsung membuka acara ini yang akan diselenggarakan selama 3 harı dimulai tanggal 21 sampai 23, yang diikuti 62 terdiri dari tim penyusun borang akreditasi institut dan program studi, dosen, calon dosen, PLP dan calon PLP. Terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan termasuk persiapan akreditasi Polbangtan Gowa, persiapan akreditasi prodi budidaya tanaman hortikultura, persiapan akreditasi prodi budidaya ternak dan persiapan pembukaan program produksi tanaman perkebunan yang akan lebih fokus ke produksi tanaman kakao,” ungkapnya.

Dalam arahannya menyampaikan bahwa mutu institusi dan program studi merupakan cerminan dari totalitas keadaan dan karakteristik masukan, proses, keluaran, hasil, dan dampak, atau layanan/kinerja suatu institusi dan program studi yang diukur berdasarkan sejumlah standar yang ditetapkan. Pengisian insturmen harus obyektif dan kegiatan ini memberikan manfaat bagi masyarakat,” Ungkap Dr. Syaifuddin

Penyajian materi pertama adalah terkait dengan persiapan akreditasi Polbangtan Gowa oleh Prof. Dr. Ir. Mursalim, M.Si. Instrumen harus lengkap sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Laporan kinerja dan laporan evaluasi diri juga merupakan hal sangat penting yang perlu disiapkan oleh institusi perguruan tinggi dan prodi dalam persiapan akreditasi.

Evaluasi diri dilakukan secara komprehensif, terstruktur dan sistematis. Evaluasi diri harus digunakan untuk memahami dengan baik kondisi dan mutu institusi saat ini (Institution Quality and Condition at Present/IQCAP) untuk digunakan sebagai landasan institusi menentukan kondisi dan mutu yang diinginkan di masa yang akan datang (Institution Quality and Condition at Future/IQCAF).,” Pungkas Dr. Mursalim.

Diharapkan diakhir kegiatan, terdapat rumusan hasil dan rencana tindak lanjut dalam mempersiapkan diri demi pencapaian hasıl yang optimal. (MUZ).

Berita Terkait