Polisi India Tangkap Ratusan Pengikut ISIS, Diduga Terpapar Video Ceramah Zakir Naik

Zakir Naik
Zakir Naik. (Foto: Dhaka Tribune)

Terkini.id, Jakarta – Polisi India telah menangkap 127 orang atas dugaan keterlibatan dalam kelompok teroris ISIS usai terinspirasi dari video Zakir Naik.

Hal itu diungkapkan pejabat tinggi Badan Investigasi Nasional (NIA) India, Alok Mittal.

Dilansir dari Times of India, Senin, 14 Oktober 2019, Alok mengatakan bahwa para terduga teroris ISIS tersebut mengaku terinspirasi dari video ceramah Zakir Naik.

“Terduga dalam sebagian besar kasus ISIS ini mengakui bahwa mereka diradikalisasi melalui video Zakir Naik dan para pengkhotbah Islam lainnya, sehingga sebuah kasus didaftarkan terhadap Zakir Naik dan organisasinya Islamic Research Foundation,” kata Alok, seperti dilansir dari Times of India, Senin, 14 Oktober 2019.

Lanjut Alok mengungkapkan, ratusan orang yang diduga terpapar ISIS tersebut berasal dari berbagai wilayah di India yakni dari wilayah Tamil Nadu sebanyak 33 orang, Uttar Pradesh 19 orang, Kerala 17 orang, Telangana 14 orang, Maharashtra 12 orang, Karnataka 8 dan Delhi 7 orang.

Sementara sisanya, kata Alok, berasal dari Uttarakhand, Bengal, Jammu dan Kashmir, Rajasthan, Gujarat, Bihar dan Madhya Pradesh.

Diketahui, pada September 2019 lalu, pengadilan khusus di India telah mengeluarkan surat penangkapan terhadap Zakir Naik.

Surat perintah itu dikeluarkan oleh hakim pengadilan PMLA, PP Rajvaidya atas permintaan yang diajukan pihak Direktorat Penegakan (ED).

ED menggugat Zakir Naik berdasarkan laporan yang diajukan oleh Badan Investigasi Nasional (NIA) di bawah Undang-Undang Pencegahan Aktivitas Ilegal (UAPA).

Jaksa menuduh penceramah kontroversial ini melakukan pencucian uang dan hasutan ekstrimisme melalui ceramahnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini