Masuk

Politisi Demokrat Soal Anies Temui Pendemo: Itulah Aslinya Dia

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Beredar sebuah video di media sosial yang memperlihatkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan duduk dan berbincang dengan demonstran.

Aksi Anies temui pendemo ini sontak memantik berbagai respon publik, seperti respon yang diberikan oleh politisi Partai Demokrat, Jansen Sitindaon.

Jansen Sitindaon menyampaikan jika yang dilakukan Anies itu merupakan sifat aslinya, ini dikarenakan saat masih menajdi mahasiswa Anies pun suka berdemo.

Baca Juga: Posting Video Anies Baswedan Ogah Tangannya Dicium, Husin Shihab: Dia Sudah Capek Berbohong

Menurut Jansen, Anies didemo itu merupakan hal biasa, mengingat pada saat menjadi ketua senat, dia sering melakukan demonstrasi.

“Baru lihat videonya seliweran mas Anies nerima dan duduk bersama pendemo dirinya. Itulah aslinya dia. Karena waktu mahasiswa/Ketua Senat dia juga tukang demo. Jadi biar aja dia didemo dimarah-marahi”, kata Jansen Sitindaon, dikutip dari cuitannya di media akun media sosial Twitter pribadinya, Sabtu 15 Oktober 2022.

Dalam hal ini, Jansen mengatakan jika sejarah dan DNA Anies yang dulunya suka berdemo, jika dia jadi Presiden 2024, demokrasi bisa dikatakan aman.

Baca Juga: Tetapkan Anies Bacapres, Ketua Demokrat Sulsel: AHY Menjawab Harapan Masyarakat

“Namun dengan sejarah dan DNA-nya yang begitu, aman sudah demokrasi kita jika dia jadi prrsiden”, ujarnya.

Dengan demikian, politisi Demokrat ini berharap semua kandidat Capres nantinya bisa menangani pendemo jika suatu saat ada aksi.

“Semoga semua kandidat-kandidat lainnya yang maju juga begitu. Karena berdasarkan riset dari Freedom House tahun 2020 soal indeks demokrasi, posisi Indonesia sekarang dikategorikan negara bebas sebagian atau partly free. Termasuk the economist intelligence unit juga menempatkan kita begitu”, kata Jansen Sitindaon.

Selain itu, Jansen menyampaikan jika hasil survey menunjukkan 21,9 persen warga Indonesia sangat takut berpendapat, padahal negara Indonesia merupakan negara demokrasi.

Baca Juga: Tolak Sistem Pemilu Proporsional Tertutup: Jansen Sitindaon Ajukan Diri Sebagai Pihak Terkait ke MK Lewat BHPP Partai Demokrat

“Termasuk beberapa waktu dalam survey indikator DR @BurhanMuhtadi hasilnya 21,9 persen warga kita sangat takut berpendapat, 47,7 persen agak tajut untuk berpendapat”, ujar Jansen.

“Jadi di Pilpres besok salah satu isu yang harus tekankan adalah soal sikap dan komitmen kandidat soal kebebasan berpendapat ini”, tandasnya.