Prabowo Dikabarkan ‘Kabur’ ke Luar Negeri, Benarkah?

Terkini.id, Jakarta – Beredar kabar Capres 02 Prabowo Subianto beserta rombongan kabur ke luar negeri, tepatnya ke Brunei Darussalam jelang aksi massa 22 Mei 2019.

Ustaz Ansufri Idrus Sambo pun angkat bicara terkait kabar yang beredar tersebut. Menurut dia, itu fitnah.

“Saya Ustaz Ansufri Idrus Sambo menyampaikan kepada umat, kepada rakyat, kalau ada berita yang mengatakan saya beserta teman-teman yang lain, termasuk di dalamnya Pak Prabowo lari ke luar negeri, itu adalah berita bohong, berita hoax, fitnah, tidak benar,” kata Sambo kepada wartawan pada Sabtu 19 Mei 2019.

Dia mengungkapkan, bahwa Prabowo akan selalu berjuang bersama rakyat. Dia juga memastikan Prabowo akan terus bergerak memenangkan kedaulatan rakyat.

“Insyaallah Pak Prabowo akan selalu berada di Indonesia dan tetap berjuang bersama rakyat. Begitu juga saya, begitu juga dengan para pejuang-pejuang lainnya, para penegak-penegak kedaulatan rakyat. Insyaallah kita akan bersama rakyat,” ujar Ustaz Sambo lagi.

Sambo pun menyerukan kepada seluruh pendukung dan relawan Prabowo untuk ikut aksi pada 21-22 Mei 2019. Dia ingin kawasan sekitar KPU dipenuhi oleh massa.

“Insyallah mari bersama-sama kita ingat, catat tanggalnya, siapkan diri, jiwa kita, harta kita, tanggal 21 Mei sampai 22 Mei bahkan sampai 25 Mei.

Sampai Allah berikan kemenangan kepada rakyat, kita turun secara damai, secara tertib, aman, kostitusional, dijamin oleh undang-undang kita. Kita turun ke KPU melakukan aksi dan di sana kita duduk, berdoa, kita berzikir, kita berbuka puasa dan kita bisa tarawih bersama, kita sahur bersama. Kita penuhi KPU bahkan jalan-jalan protokol sekitar KPU, Jalan Thamrin, Jalan Cokroaminoto, kita penuhi semuanya, sekitar KPU,” imbuh Ustaz Sambo seperti dilansir dari detik.

Selain itu, Sambo juga menyampaikan pesan agar kepada masyarakat yang tak bisa datang ke Jakarta untuk menggelar aksi di kantor KPU daerah masing-masing. Sambo meminta aksi berjalan damai dan jauh dari tindakan anarkis.

“Kepada saudara-saudara yang di luar Jakarta, yang di daerah-daerah, yang tidak bisa turun ke Jakarta, lakukan aksi-aksi konstitusional di KPU-KPU daerah Anda. Pastikan ini adalah gerakan yang aman, tertib dan damai. Karena ini adalah gerakan konstitusional, jauh dari anarkis, kita buktikan. Insyaallah kita akan mendapatkan kemenangan,” bebernya.

Penjelasan Ditjen Imigrasi

Sebelumnya, Ditjen Imigrasi Kemenkumham menyampaikan Prabowo sempat pergi ke Brunei Darussalam pada 16 Mei.

Prabowo bertolak ke Brunei menggunakan pesawat pribadinya.

“Pak Prabowo pergi ke Bandar Sri Begawan dari Halim Perdanakusuma pada 16 Mei 2019, naik pesawat pribadi beliau 9H-NYC Embraer 190-Lineage 1000.” kata Kasubag Humas Ditjen Imigrasi Kemenkumham Sam Fernando kepada detikcom.

Fernando mengungkapkan, Prabowo meninggalkan Tanah Air pada pukul 12.10 WIB. Lalu, Prabowo kembali ke Indonesia pada hari yang sama alias pulang-pergi (PP).

“Arrived pada hari dan tanggal yang sama pukul 20.12,” ujarnya.

Sementara itu, koordinator juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN), Dahnil Anzar Simanjuntak, menyebut Prabowo bertolak ke Brunei untuk bersilaturahmi dengan Sultan Brunei Daussalam, Hassanal Bolkiah.

Dahnil juga menepis kabar Prabowo hendak kabur ke luar negeri.

“Pak @prabowo ke Brunei pada tanggal 16/05/19 hanya satu hari pulang pergi tidak menginap, untuk bersilahturahim dengan Sultan Brunei Darussalam.

Jadi, hoax dan fitnah bila menyebut Pak Prabowo ke LN kabur atau jalan-jalan seperti yang dilakukan seword dkk,” cuit Dahnil dalam akun Twitter-nya seperti dilihat, Sabtu 18 Mei 2019.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Opini

Seni Perang Sun Tzu

UMUM menerima Sun Tzu sebagai jenderal besar, ahli strategi militer, dan ahli filsafat. Ia dipandang sebagai penulis buku klasik “The Art of War” yang
Opini

Sebab Kita Semua adalah Garuda

HARI ini kita menyaksikan sebuah peristiwa bersejarah. Setelah semua kontestasi yang membuat bangsa ini terpolarisasi. Setelah hiruk pikuk perdebatan bahkan caci maki di media
Opini

Legalitas vs Moralitas

DALAM mendefenisikan kebenaran itu harus ada dua hal yang mendasari. Dasar legalitas (hukum) dan dasar moralitas (etika). Keduanya boleh jadi saling mengikat.Hukum tanpa moralitas
Opini

Keputusan Itu

SEBUAH keputusan itu tidak selamanya menyenangkan. Jangankan keputusan manusia, yang seringkali penuh dengan intrik kepentingan dan manipulasi.Keputusan Allah saja, jika tidak sesuai keinginan dan
Bisnis

Tutupnya Gerai Giant

GIANT itu dimiliki oleh Group Hero. Hero sendiri didirikan oleh MS Kurnia pada 23 Agustus 1971, namanya Hero Mini Supermarket yang bertempat di Jalan
Opini

Libra Bitcoin, Mata Uang Baru dari Facebook

BITCOIN memang belum bisa meruntuhkan mata uang. Bahkan sempat melemah. Tapi beberapa hari terakhir ini on fire lagi. Gara-gara Facebook bikin kejutan: meluncurkan 'mata
Opini

Bisikan Nurani

PARA ahli hikmah mengatakan, ada tiga hal yang manusia tak akan mampu dustai atau ingkari. Manusia boleh berpura-pura mengingkarinya. Tapi sesungguhnya ketiganya adalah realita