Prabowo Punya Lahan yang Luas di Ibu Kota Baru, Ini Tanggapan Gerindra

Prabowo
Prabowo Subianto. (foto: suara.com)

Terkini.id, Jakarta – Nama Prabowo Subianto disinggung sebagai orang yang punya lahan di Ibu Kota baru Indonesia.

Hal itu diungkapkan Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negera, Dahlan Iskan melalui tulisannya yang diterbitkan di di disway.id, Selasa 27 Agustus 2019 dengan judul “Ibu Kota Baru”.

Mantan CEO Jawa Pos Grup tersebut mengaku mengetahui kedua lokasi yang disampaikan Presiden Joko Widodo tersebut saat jumpa pers tentang rencana ibu kota pindah, Senin 26 Agustus 2019 di Istana Negara, Jakarta.

Dalam tulisannya, mantan Direktur Utama PT PLN ini menyebutkan bahwa di Kaltim ada kota besar bernama Balikpapan.
Dua jam penerbangan dari Jakarta. Balikpapan disebut juga kota minyak.

“Sejak zaman Belanda. Ada kilang minyak di sana. Seperti juga Dumai di Riau dan Pangkalan Brandan di Sumut. Yang terpenting di Balikpapan ada Teluk Balikpapan.

Teluk itu sangat panjang. Menjorok masuk ke dalam daratan Kalimantan. Kota Balikpapan berlokasi di mulut kanan Teluk itu. Lokasi ibu kota baru nanti di kiri Teluk tersebut,” tulisnya.

Dahlan pun mengaku pernah ingin membeli pulau kecil yang ada di teluk itu, karena dianggapnya cocok untuk lokasi pembangkit tenaga nuklir Thorium.

Namun ia mengurungkannya, lantaran pulau itu akan berada persis depan ibu kota. Karena letaknya lebih dekat dari Pulau Seribu.

Singgung Prabowo Subianto

Dahlan pun mengungkapkan bahwa hak penebangan hutan di Kaltim diberikan ke perusahaan asing, dari Amerika, namanya: ITCI (International Timber Corporation Indonesia). ITCI berpusat di Oregon itu.

Tentu sudah tidak ada lagi hutan itu di sana. Juga tidak ada lagi ITCI. Pemilik perusahaan itu sudah bukan orang Amerika lagi. Sudah berganti orang Indonesia, namanya Prabowo Subianto.

“Namun saat ini masih ada tambang-tambang batu bara di sekitarnya,” kata Dahlan.

Kini sudah jelas. Lokasi yang disebutkan Bapak Presiden meliputi dua kabupaten: Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara. Berarti lokasi itu tepat di lengkung terdalam teluk tersebut. Persis di bekas Hak Pengusahaan Hutan ITCI.

Artinya untuk persoalan tanah tidak akan ada masalah, karena bisa menggunakan tanah ITCI yang sudah menjadi milik Prabowo Subianto.

Gerindra: Prabowo Siap Serahkan Lahannya Jika Dibutuhkan

Sementara itu, Waketum Gerindra Edhy Prabowo menyebut Prabowo Subianto memiliki lahan di Kalimantan Timur (Kaltim) yang merupakan lokasi ibu kota baru.
Menurut Edhy, Prabowo juga rela memberikan lahannya itu untuk dijadikan ibu kota.

“Bicara apapun, Pak Prabowo sudah menyampaikan kepada publik, kepada kita semua, kepada seluruh rakyat Indonesia, manakala diperlukan untuk kepentingan negara beliau akan siap untuk memberikan apapun yang beliau miliki itu,” kata Edhy kepada wartawan, di kompleks DPR, Senayan, Jakarta, seperti dilansir dari detikcom.

Edhy mengatakan Prabowo sudah memiliki lahan di Kaltim sebelum ada rencana pemindahan ibu kota. Dia berharap kepemilikan lahan itu tak dipersoalkan.

“Apa gara-gara ada lahan itu jadi salah? Kan nggak juga. Nanti kalau bangun di tempat lain ada tanah kita lagi kan biasa saja. Saya pikir kan kita tidak akan pernah menanggapi itu karena lahan itu sudah ada sebelum ada rencana pemindahan ibu kota,” jelasnya.

Berita Terkait