Program Non Fisik TMMD-108, Kodim 0105/Abar Berikan Penyuluhan Perkebunan dan Peternakan

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan

Terkini.id, Aceh Barat – Memasuki hari ke 16 pelaksanaan TMMD ke 108, Kodim 0105/Aceh Barat sekitar ± 30 orang warga masyarakat desa Lango, Kecamatan Pante Ceureumen, menerima penyuluhan perkebunan/Peternakan dari Dinas Perkebunan dan Peternakan dari pemerintah daerah (Pemkab) Aceh Barat bertempat di Pos Kotis Satgas TMMD Reg ke 108 TA.2020, di Desa Lango, Kecamatan Pante Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat, Kamis 16 Juli 2020.

Penyuluhan ini merupakan rangkaian program kegiatan non fisik dengan metode sosialisasi/penyuluhan yang terakhir sesuai jadwal dari TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reg Ke – 108 Kodim 0105/Aceh Barat, hadir sebagai pemberi materi Marwan S.p dan Samsul S.Hut Penyuluh Perkebunan/Peternakan dari Dinas Pemkab Aceh Barat.

Dihadapan warga masyarakat Desa Lango, Kecamatan Pante Ceureumen, Samsul memaparkan tentang Program satu sapi satu petani untuk mendongkrak nasib petani sekaligus nasib peternak yang digilir masih memerlukan pematangan kembali dari apa yang sudah dilakukan oleh Pemkab Aceh Barat selama ini.

Lebih lanjut, Marwan S.p mengungkapkan, berdasarkan data dilapangan, hasil produksi peternakan di pemerintah daerah (Pemkab) masih tergolong sangat rendah, hal tersebut dipengaruhi adanya pengolahan makanan yang belum tepat, baik pemberian makan organik atau lainnya.

Menurutnya, pengolahan makanan yang tidak sesuai takaran tidak dianjurkan, sebab hal itu membuat hasil pertenakan tidak dapat maksimal.

Menarik untuk Anda:

“Dalam visi misi dan restra Pemkab Aceh Barat perlu ditegaskan kembali bahwa subsektor peternakan adalah salah satu potensi daerah terisolir yang bisa menggerek taraf hidup masyarakat di desa Lango, Kecamatan Pante Ceureumen. Dengan demikian, semua kebijakan pembangunan mengacu pada renstra itu, termasuk subsektor peternakan. Memang sudah ada regulasi yang lebih tinggi seperti UU, Kepres dan Permen,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat Yolana selesai mengikuti penyuluhan perkebunan dan peternakan mengatakan sangat senang sekali dengan adanya kegiatan penyuluhan yang diselenggarakan oleh Satgas TMMD ke 108 Kodim 0105/Aceh Barat karena penyuluhan seperti ini jarang sekali dilaksanakan mengingat jarak tempuh yang cukup jauh dan kondisi jalan yang exstrim, sehingga dengan penyuluhan seperti ini tentunya menjadi wawasan bagi masyarakat sehingga dapat membantu roda perekonomian masyarakat desa Lango, Kecamakan Pante Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat.

Dansatgas TMMD Reg ke 108 TA. 2020 Letkol Kav Nurul Diyanto S.Pd yang hadir saat itu mengungkapkan, Penyuluhan dilakukan guna memberikan pengetahuan dan wawasan tambahan kepada warga masyarakat ditempat lokasi diselenggarakannya program kegiatan TMMD Reg ke 108 di wilayah Kodim 0105/Aceh Barat. Dengan kegiatan mengikuti penyuluhan Perkebunan dan Peternakan, nantinya warga Desa Lango, Kecamatan Pante Ceuremen, diharapkan dapat menerapkan pengetahuan ilmu peternakan yang didapat di tempatnya masing-masing”, terangnya. (Pendim 0105/Abar).

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Rapid Tes di Sari Laut Ruko Tugu Bundaran Mandiri, 3 Reaktif

30 Masker Untuk Anak KKN Unhas Cegah Penyebaran Covid-19 Sejak Dini

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar