Makassar Terkini
Masuk

Pulang Umrah, Lukman Sardi Justru Yakin Masuk Kristen, Alasannya Mengejutkan: Itu Kasih yang Gue Cari

Terkini.id, Jakarta – Belum lama ini, aktor Lukman Sardi menceritakan pengalamannya yang berpindah agama dari Islam ke Kristen usai pulang dari umrah.

Rupanya ada satu momentum yang membuat Lukman Sardi akhirnya yakin untuk pindah agama dari Islam ke Kristen.

Momen itu terjadi justru ketika Lukman Sardi sedang ibadah umrah. Sepulang umrah itulah Lukman Sardi mantap pindah agama dari Islam ke Kristen.

Mengejutkannya, kepindahan agama Lukman Sardi ini tidak menjadi masalah bagi keluarganya karena ternyata ia besar dari keluarga yang sudah berbeda-beda secara agama.

“Pada masa itu gue merasa enggak mau mikirin (pacaran) beda agama. Latar belakang keluarga gue juga enggak sama semua,” papar Lukman Sardi dalam tayangan di kanal YouTube Daniel Mananta Network, dikutip dari Suara, jaringan terkini.id.

“Sepupu gue ada yang Katolik atau apa. Bahkan adik gue yang kecil lebih ke Katolik. Ini bukan kejadian yang aneh.”

Menurut aktor 50 tahun tersebut, pindah keyakinan ini sangat dipengaruhi oleh sang kakek karena kala itu kakeknya berpesan soal kekuatan kasih Tuhan dalam Alkitab.

“Sebenernya yang punya influencer yang dalam itu dari opa gue dari Mama Marini. Dia itu tentara, tapi dia lembut. Dia orang jujur, enggak pernah marah dan base on kasih,” terang Lukman Sardi.

“Pada saat itu ada ulang tahun pernikahan opa oma gue 50 tahun. Opa itu bikin buku cerita tentang perjalan cintanya. Dia nyelipin tulisannya ke gue itu tentang kasih. Itu impact yang gede buat gue.”

Sejak itu, Lukman Sardi memulai perjalanan spiritualnya. Momen tersebut juga bertepatan saat pacaran dengan sang istri, Pricillia Pullunggono, yang kala itu memang beda agama.

“Dari situ gue melakukan perjalanan mencari tahu. Gue diajarin jadi Muslim yang baik, tapi bukan jadi fanatik. Selama perjalanan itu timbul banyak pertanyaan, tapi enggak dapat jawaban yang pas,” terangnya.

“Perjalanan itu lumayan panjang. Sampai di momen hubungan kita menuju serius. Jadi gue merasa nyaman sama dia (Pricillia Pullunggono). Sampe ada momen lumayan krusial, gue berdoa ke Tuhan, Lo kasih tau jalan gue harus ngapain dulu. Gue pasrah.”

Tidak disangka-sangka, Lukman Sardi malah mendapatkan hadiah pergi umrah secara gratis.

“Sampai besokannya gue sadar ini jawaban doa gue. Gue ikut film ‘Nagabonar Jadi 2’ dan itu box office. Dia ngasih bonus umrah, padahal gue lagi dalam perjalanan (spiritual) ini.”

Pemain ‘Di Balik 98’ itu kemudian tetap berangkat umrah, tetapi saat menjalani tawaf di ka’bah, Lukman Sardi terbawa emosi mengingat kesulitan menyentuh hajar aswad.

“Gue jalanin umrah sebagai umat Islam. Pas tawaf itu gue ngerasa bukan hal yang mudah untuk sampai di ujung. Semua emosi gue marah banget karena gue enggak nyampe-nyampe. Gue kata-katain semua orang.”

Lukman Sardi mengingat ucapan sang kakek untuk terus menyebar kasih. Di sini, ia merasa mendapat hidayah Tuhan.

“Sampai akhirnya gue diingetin tulisan opa gue tentang kasih itu. Akhirnya gue diem dulu, gue jalanin konsep dulu. Ada orang yang lewat gue kasih, tiba-tiba gue enggak sadar, gue sudah di ujung,” ujarnya.

“Gue nyium dan dikasih waktu ekstra terus gue nangis sejadi-jadinya. Itu kasih yang gue cari.”

Sepulang dari umrah, Lukman Sardi memantapkan diri untuk pindah agama. Hanya saja, ia masih menunggu waktu yang tepat untuk mengumumkannya.

“Makanya waktu gue pulang walau dari umrah itu konsep kasih yang luar biasa. Akhirnya gue pulang lumayan bulat bahwa ini yang gue jalani,” pungkas Lukman Sardi.