Puluhan Mahasiswa Poltekpar Makassar Lakukan Pengabdian di Enrekang

Terkini.id, Makassar – Puluhan mahasiswa dari program studi Manajemen Tata Boga Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat di tiga Kabupaten di Sulawesi Selatan.

Adapun program Pengabdian Kepada Masyarakat sebelumnya dilakukan di Bone dan Pangkep dengan mengusung tema “Pengolahan Makanan Berbahan Lokal.
 Kali ini kegiatan serupa dilakukan di Desa Limbuang, Kecamatan Maiwa Kabupaten Enrekang pada 24 hingga 25 Juni 2022 dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang.

Lily Dianafitri Hasan, S.Sos, MM, CHE. selaku Ketua Program Studi Manajemen Tata Boga yang juga mewakili Direktur Poltekpar Makassar, Drs. Muhammad Arifin, M.Pd., CHE menyampaikan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini sebagai salah satu tugas pokok dari Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui Pengabdian Kepada Masyarakat. 

Baca Juga: Ratusan Mahasiswa Baru Politeknik Pariwisata Makassar Ikuti PSDP

“Dimana yang nantinya masyarakat setempat dapat membuat makanan khas dengan pemanfaatan bahan lokal yang ada dan juga sebagai bahan Akreditasi baik untuk Institusi maupun Program Studi itu sendiri,”ujarnya.

Adapun kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Enrekang, Achmad Faisal, SH., MH. 

Baca Juga: Pemkot Makassar dan Poltekpar Makassar Kerja Sama Kembangkan Pariwisata

KadisPopar Kabupaten Enrekang, Achmad Faisal mengatakan kegiatan ini adalah bukti Dispopar dan Poltekpar Makassar diterima oleh masyarakat sehingga modal kita untuk memajukan Pariwisata di daerah-daerah sudah ada.

“Sisa bagaimana kita membangun kerjasama baik dengan akademisi dari Poltekpar melalui pengetahuan Pariwisata maupun melalui kelompok masyarakat, anak muda, orang tua yang memberikan informasi dan memelihara yang kiranya dapat menjadi daya tarik,”ujarnya.

Harapannya untuk Kabupaten Enrekang khusunya di Desa Limbuang harus menunjukan identitas budaya dan juga karakter yang memiliki ciri khas sendiri kepada orang luar mulai dari kuliner, kerajinan serta daya tarik wisata yang tidak dimiliki daerah lain. 

Baca Juga: Pemkot Makassar dan Poltekpar Makassar Kerja Sama Kembangkan Pariwisata

Setelah pembukaan dilanjutkan juga dengan MoU antara Politeknik Pariwisata Makassar dengan Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Enrekang.

Selanjutnya pada hari kedua Direktur Poltekpar Makassar, Drs. Muhammad Arifin, M.Pd., CHE yang menyempatkan hadir pada kegiatan ini menyampaikan harapannya kepada masyarakat Desa Limbuang dapat mengangkat suatu prodak-prodak lokal yang bisa mengangkat citra Desa dan juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat karena potensi yang terdapat di Desa Limbuang yang sangat luar biasa.

Sedangkan pemateri pada kegiatan ini adalah Lily Dianafitri Hasan, S.Sos, MM, CHE selaku Ketua Program Studi Manajemen Tata Boga dengan Materi Pengatar Pengelolaan Desa Wisata, Abdi Nurul Mahsyar, A.Md., S.Pd selaku Instruktur Pengajar dengan Materi Implementasi CHSE dan Pengolahan Makanan, ‌Faisal Akbar Zaenal, A.Md.Par., SST.Par., MM selaku Dosen dengan Materi Kreatifitas dan Inovasi dalam Penyajian Kuliner. 

Untuk hari kedua Pendampingan dilakukan oleh Alumni Poltekpar Makassar dan juga Tenaga Ahli Wahyu, A.Md. Par bersama para Mahasiswa dalam membuat makanan untuk diajarkan kepada Masyarakat Desa Limbuang.

Adapun makanan yang di demokan oleh Mahasiswa MTB pada PKM kali ini adalah Bola Ubi Dangke, Kue Kering, Pie Labu, Fish Stick, Tepung Talas, dan Singkong Bakar Nila.

Bagikan