Putra Maros Jadi Wisudawan Terbaik SMA Insan Cendekia Madani

Ahmad Jihan bersama kedua orang tuanya (M. Ashri HAR & Nurkhaerati Abdullah), keponakannya (Fikri Ihsani), dan Guru Besar HTN UI (Prof. Jimly Asshiddiqie) setelah wisuda.(ist)
Ahmad Jihan bersama kedua orang tuanya (M. Ashri HAR & Nurkhaerati Abdullah), keponakannya (Fikri Ihsani), dan Guru Besar HTN UI (Prof. Jimly Asshiddiqie) setelah wisuda.(ist)

Terkini.id, Makassar – Pelajar asal Kabupaten Maros, Ahmad Jihan (17 tahun), terpilih sebagai wisudawan terbaik dalam Wisuda Angkatan ke-6 SMA Insan Cendekia Madani, Serpong, yang digelar di Intermark, Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan 4 Mei 2019.

Ahmad Jihan mendapatkan predikat wisudawan terbaik atau achievement award dalam kategori keagamaan. “This award is presented to Ahmad Jihan for outstanding achievement in Islamic value,” demikian tertulis dalam penghargaannya.

Sebelumnya, pada wisuda SMP Insan Cendekia Madani tahun 2016, Ahmad Jihan yang seorang hafiz 3 juz tersebut juga menerima penghargaan yang sama.

Wisuda tersebut juga dihadiri oleh tokoh nasional seperti H. Tamsil Linrung yang juga sebagai pendiri Sekolah Insan Cendekia Madani serta Guru Besar Hukum Tata Negara UI Professor Jimly Asshidiqie yang juga ketua Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI).

Sebelum bersekolah di ICM, Ahmad Jihan merupakan santri dan warga Pesantren Darul Istiqamah Pusat, Maccopa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Lewat seleksi yang ketat, Jihan terpilih mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan sekolah di ICM yang difasilitasi oleh H. Muzayyin Arif, seorang tokoh muda Sulsel yang juga Ketua Yayasan ICM.

Sejak kecil, Jihan telah terdidik dalam pendidikan yang islami oleh kedua orangtuanya yang biasa mendengarkan Al-Qur’an kepadanya setiap malam. Selain itu, kedua orangnya juga terus memotivasi agar ia dapat melanjutkan sekolah setinggi-setingginya.

Para wisudawan ICM.

Setelah tamat SMA ICM, Ahmad Jihan berencana untuk melanjutkan pendidikan tinggi agama di kampus di Madinah atau di Sudan. Saat ini ia tengah mempersiapkan dirinya untuk seleksi kelanjutan studi tersebut dan telah mendapatkan rekomendasi dari beberapa tokoh, salah satunya dari Pimpinan AQL Jakarta, KH. Bachtiar Nasir, yang juga ketua Alumni Saudi Arabia se-Indonesia dan Ketua Alumni Universitas Islam Madinah se-Indonesia.

Ahmad Jihan merupakan anak bungsu dari pasangan M. Ashri HAR dan Nurkhaerati Abdullah, warga Pesantren Darul Istiqamah, Maros dan merupakan kakak dari Mutawadhiah Ashri (aktivis Ibu-Ibu Professional, Depok), Fahmi Islami (alumni ITB dan bekerja di Bosowa), Muta’addibah Ashri (alumni LIPIA dan mahasiswa S2 UIN Jakarta), M. Dhiaurrahman (alumni IPB dan sementara S2 di kampus yang sama), serta Dinul Haq (alumni Darul Istiqamah).

Selain menjadi warga pesantren yang aktif dalam pengajian yang dibawakan oleh Pimpinan Pesantren KH. M. Arif Marzuki, kedua orang tuanya juga pernah mengasuh Panti Asuhan Pesantren Darul Istiqamah yang ketika itu banyak membantu warga dan santri asal Timor Timur yang melanjutkan pendidikan di pesantren yang didirikan oleh ulama kharismatik Sulsel, KH. Ahmad Marzuki Hasan sejak 1971 tersebut.

Laporan: Yanuardi Syukur

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Sinjai

Pemkab Sinjai Siap Bermitra Dengan KMS UNM

Terkini.id, Sinjai - Pengurus Kesatuan Mahasiswa Sinjai (KMS) Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan silaturahmi ke pemerintah Kabupaten Sinjai.Dalam silaturahmi tersebut membahas rencana pelantikan dan