Masuk

Rahasia Agar Perasaan Lebih Baik Jika Belum Diberi Momongan Segera Setelah Menikah

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Hampir semua orang yang menikah berharap akan langsung memiliki anak. Mereka membayangkan membangun keluarga kecil yang harmonis dan bahagia. Happily ever after singkatnya.

Itu tidak salah, dan bukan pula sekadar mimpi. Namun, sering kali kenyataan tidak sejalan dengan yang selama ini dibayangkan atau direncanakan.

Berbulan-bulan setelah menikah tak kunjung muncul garis dua, setiap kali terlambat haid membuat perasaan gusar dan penuh harap. Lumrah terjadi dan memang tak ada yang menjamin setelah menikah pasti langsung hamil.

Baca Juga: Hindari ! Khawatir yang Berlebihan, Akan Buat Anak Menjadi Ketergantungan

Lima hal di bawah ini akan membuat Anda dan pasangan merasa lebih baik apabila setelah menikah tak kunjung memiliki keturunan.

1. Kesempatan untuk menikmati waktu berdua

Terutama bagi Anda yang belum pernah menjalin hubungan asmara, momen setelah menikah pasti akan penuh dengan gejolak perasaan. Malu, takut, senang, bahagia, khawatir, semua perasaan bercampur aduk jadi satu. Nikmatilah momen bersama pasangan, pacaran setelah menikah memang rasanya lebih nikmat.

Baca Juga: Pilih Mana, Mapan Dulu atau Nikah Dulu?

2. Kesempatan untuk mengenal satu sama lain

Meski Anda menikahi pacar Anda, pernikahan akan tetap membongkar banyak hal yang ada pada diri pasangan. Ini adalah kesempatan untuk saling terbiasa melihat apa yang mungkin tidak pernah Anda ketahui karena bisa jadi pacar Anda selama ini jaim, alias jaga image.

3. Kesempatan untuk mengenal diri sendiri

Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi antara diri Anda sebelum dan setelah menikah, jelas ada yang berubah. Baik itu perubahan emosional, psikologis, maupun perubahan fisik. Ada banyak penyesuaian, terlebih jika Anda harus beradaptasi di tempat baru yang masih sangat asing. Satu tahun pertama mungkin akan membuat Anda stres.

Baca Juga: Ruhut Nyinyir Akad Nikah Bahasa Arab, Andi Sinulingga: Sentiment Dengan Anies Boleh, Islam Jangan Bos!

4. Kesempatan untuk menularkan kebaikan

Anda dan pasangan adalah dua insan yang sama-sama tidak sempurna, tetapi setelah menikah, akan ada setidaknya lima hal dalam diri pasangan yang ingin Anda ubah. Biasanya ini berkaitan dengan kebiasaan yang dianggap kurang baik. Kita tidak bisa 100% mengubah orang, tetapi kita bisa bantu agar orang itu menjadi lebih baik. Misalnya, dahulu Anda hanya mau makan sayuran tertentu, berkat pasangan, Anda mau coba makan sayuran lain.

5. Kesempatan untuk menabung

Bicarakan dengan pasangan apa rencana yang ingin dicapai. Jika ingin memiliki anak, kapan waktu yang tepat untuk memulai program hamil. Semua rencana, termasuk memiliki anak, membutuhkan dana yang sudah pasti tidak sedikit. Rencanakan dari jauh-jauh hari agar ketika hasil test pack menunjukan dua garis, Anda dan pasangan sudah siap finansial.

Ingat, menikah itu butuh tanggung jawab, tetapi memiliki anak, butuh lebih dari sekadar tanggung jawab. Anda dan pasangan harus berkomitmen, siap mental, siap finansial, dan berdedikasi. Syukuri jika Anda dan pasangan berhasil memiliki anak segera setelah menikah, tetapi jika tidak, manfaatkan waktu yang ada untuk mempersiapkan segalanya.