Ratusan Pengungsi Rohingya di Aceh Kabur, Kadis Sosial Sebut Menuju Malaysia

Terkini.id, Jakarta – Ratusan pengungsi asal Rohingya, dikabarkan melarikan diri dari penampungan di Aceh. Kepala Dinas Sosial Kota Lhokseumawe Ridwal Jali mengakui itu.

“Tadi pagi saya juga dilaporkan oleh UNHCR bahwa sisa 112 orang lagi di kamp per hari ini,” kata Ridwal dikutip dari Kompascom, Senin 35 Januari 2021.

Komisioner Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pengungsi (UNHCR) Indonesia telah melaporkan bahwa sebanyak 281 warga Rohingya melarikan diri dari kamp penampungan sementara di Balai Latihan Kerja (BLK) Lhokseumawe.

Warga Rohingya tersebut datang dalam dua gelombang, yaitu gelombang pertama yang terdampar di Aceh Utara sebanyak 99 orang.

Mungkin Anda menyukai ini:

Lalu gelombang kedua di Kota Lhokseumawe sebanyak 297 orang.

Baca Juga: Ratusan Pengungsi Rohingya Kembali ‘Berlabuh’ di Aceh

Total sebanyak 396 orang yang ditampung di Kamp BLK Lhokseumawe.

Dari jumlah itu, sebanyak 281 orang melarikan diri dan 3 orang meninggal dunia.

Total warga Rohingya yang tersisia di kamp penampungan sementara saat ini sebanyak 112 orang.

Baca Juga: Mendesak, Berikut 16 Kebutuhan Pengungsi Banjir Luwu Utara

Ridwal menyebutkan, dirinya tidak mengetahui pasti negara tujuan warga Rohingya yang kabur dari kamp penampungan sementara itu.

“Tidak tahu pasti kita. Kita dengar dari sebagian yang tertangkap itu mereka menuju Malaysia, yang lain kita tidak tahu pasti,” kata Ridwal.

Ridwal selaku ketua satuan tugas penanganan Rohingya di Lhokseumawe mengatakan,  seluruh fasilitas di lokasi penampungan sebenarnya telah dilengkapi oleh sejumlah lembaga swadaya masyarakat, termasuk UNHCR.

Secara umum, menurut Ridwal, fasilitas barang, sanitasi dan makanan sudah sangat mencukupi.

“Lokasi penampungan sangat nyaman sudah,” kata dia.

Bagikan