Masuk

Refleksi Hari Kemerdekaan, Dewan Ingatkan Ketimpangan Pemenuhan Hidup di Makassar

Komentar

Terkini.id, Makassar – Gegap gempita perayaan hari kemerdekaan Indonesia berlangsung meriah di Pantai Losari. Perayaan HUT RI tersebut sudah selayaknya menjadi momentum untuk berefleksi ihwal tata kelola pemerintahan. 

Anggota Komisi D DPRD Makassar Ray Suryadi Arsyad menegaskan kemerdekaan berarti segala yang berkaitan dengan kebutuhan peradaban manusia terpenuhi. 

Termasuk, kata dia, pemenuhan kebutuhan dasar yang paling fundamental bagi kelangsungan kehidupan berwarga negara.

Baca Juga: Serap Aspirasi Warga, Anggota DPRD Makassar Nunung Dasniar: Kami Akan Tindaklanjuti

Menurutnya, Kota Makassar bagian Utara masih mengalami ketimbangan dari segi pemenuhan kebutuhan hidup. 

Pada momentum kemerdekaan ini, Ray berharap Pemerintah Kota Makassar berbenah diri dengan melakukan pelbagai perbaikan bagi kehidupan khalayak ramai.

“Saya berharap ada gairah dari Pemerintah Kota Makassar untuk memperbaiki aspek kebutuhan dasar masyarakat,” ujar Ray di Anjungan Pantai Losari, Rabu, 17 Agustus 2022.

Baca Juga: Gelar Reses di Dua Kecamatan, Legislator DPRD Makassar Nunung Dasniar Serap Aspirasi Warga

Ray mencontohkan beberapa aspek yang seyogyanya menjadi perhatian pemerintah kota, antara lain, kebutuhan air bersih yang belum merata, infrastruktur yang masih timpang, pendidikan yang belum optimal, dan tingginya angka pengangguran. 

“Di Utara Kota Makassar masih banyak yang menjadi perhatian kami, masih ada ribuan masyarakat yang belum bisa menikmati air bersih,” tuturnya.

Ia pun berharap pemerintah kota tak berhenti mencari formulasi dengan terus melakukan observasi. Dengan begitu, tiap program pemerintah mampu menjadi solusi bagi permasalahan masyarakat.

“Jadi ada gagasan baru untuk menyelesaikan ketimbangan di masyarakat,” sebutnya.

Baca Juga: Anggota DPRD Makassar Nunung Dasniar Gelar Reses di Kecamatan Tamalanrea dan Biringkanaya

Sebelumnya, gelombang bendera merah putih sepanjang lima ribu lima meter membentang mengular di anjungan Pantai Losari. 

Hal itu menandai perayaan peringatan HUT ke-77 RI yang diselenggarakan Pemerintah Kota Makassar. 

Sebagian warga yang berlokasi di area Losari tampak hadir dan ikut meramaikan perayaan tersebut.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan tiap tahun Makassar punya tradisi perayaan khas HUT RI dan selalu hadir dengan konsep baru atau original. 

Ia mengaku konsep perayaan tersebut menghadirkan seribu orang dengan pelbagai pertunjukan, mulai dari tarian adat, lagu, hingga pembentangan bendera.

“Kita menyelimuti pelataran anjungan Bugis Makassar dengan 1000 orang dengan panjang total bentangan 5.005 meter kalau kita sambung semua,” ujar Danny Pomanto, sapaannya, Rabu, 17 Agustus 2022.

Menurutnya, semangat persatuan seperti ombak. Hal itu sebagai proyeksi bahwa tantangan ke depan tidak ringan, tapi semangat dan solidaritas harus kuat.

Danny pun berkomitmen perayaan kali ini bakal menjadi refleksi untuk perbaikan tata kelola pemerintahan yang lebih baik ke depan.

“Kita bisa mengarungi tantangan masa depan seperti ombak merah putih yang kita baru lihat tadi,” ungkapnya.