Masuk

Rekrutmen Bersama BUMN Batch II Telah Dibuka! Berikut Jadwalnya

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Setelah sukses melaksanakan Program Rekrutmen Bersama Batch I pada awal tahun 2022, kini BUMN kembali membuka kesempatan bagi jobseeker untuk bergabung menjadi keluarga BUMN.

Menggandeng Forum Human Capital Indonesia (FHCI) dalam pelaksanaanya, BUMN mengumumkan Program Rekrutmen Bersama BUMN Batch II resmi dibuka per 1 Desember 2022.

“RBB juga memungkinkan jangkauan rekrutmen lebih yang luas di seluruh Indonesia serta menjaga profesionalisme dan objektivitas dalam proses perekrutan.” Ujar Erick Thohir selaku Menteri BUMN Republik Indonesia.

Baca Juga: Ingin Timnas Indonesia Punya Training Center, Erick Thohir: Kalau Perlu Ada Dua, Udara Panas dan Dingin

Diketahui Rekrutmen Bersama BUMN Batch II ini terbuka untuk 38 perusahaan yang berstatus BUMN dan memberi kesempatan kepada 898 calon pegawai. Program ini merupakan salah satu upaya kontribusi BUMN untuk meningkatkan kualitas SDM bangsa dengan penyediaan lapangan dan pengalaman kerja.

“Komitmen ini sejalan dengan peran BUMN sebagai agent of development dan lokomotif penggerak pemulihan ekonomi nasional,” terang Erick Thohir dalam menjelaskan bahwa RBB mengakomodasi tujuan nasional untuk pemulihan ekonomi.

Tercatat, Erick Thohir menyatakan bahwa BUMN membantu pemerintah menciptakan 45 Juta lapangan kerja bagi masyarakat dengan rincian:

Baca Juga: CEO Barito Putera Dukung Erick Thohir Jadi Ketum PSSI: Beliau Punya Kemampuan Pimpin Sepakbola Indonesia

32,1 Juta nasabah kredit usaha rakyat BRI; 12,7 Juta pekerja sektor UMKM di PNM Mekaar; 439 ribu tenaga kerja penggarap desa hutan, 270 ribu tenaga kerja yang terserap dan tersebar di Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera, PT. Freeport Indonesia, PT. Pertamina (Persero) dan PT. Bukit Asam, 210 ribu petani program kemitraan PTPN, dan 163. 761 petani yang tergabung dalam Program Makmur.

Lebih lanjut, Alexandra Askandar yang menjabat sebagai Ketua Umum FHCI menyatakan bahwa program ini akan memberikan kesempatan dan peluang emas bagi para generasi muda terbaik negeri untuk belajar, bertumbuh dan berkembang bersama BUMN untuk kemudian berkontribusi bagi Indonesia.

Alexandra juga menyampaikan bahwa, para peserta yang telah mengikuti program sebelumnya pada awal tahun 2022 lalu untuk kembali mencoba dalam RBB Batch II kali ini. Para peserta RBB Batch I yang akan mencoba RBB Batch II dapat login dengan akun lama dan hanya tinggal memperbaharui kelengkapan administrasi.

Dalam RBB Batch II kali ini, Alexandra menyampaikan bahwa para peserta seleksi dapat melakukan eksplorasi lowongan yang tersedia serta mempersiapkan berkas kelengkapan administrasi. Beliau juga menambahkan bahwa selama proses rekrutmen ini tidak dipungut biaya apapun.

Baca Juga: Didampingi Sederet Artis, Erick Thohir daftar Calon Ketua Umum PSSI

“Untuk itu, kami menghimbau kepada pelamar agar tetap waspada terhadap segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan Kementrian BUMN, FHCI, dan BUMN.” Tegas beliau.

Pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN Batch II ini sendiri telah dibuka dimulai dari tanggal 1-7 Desember 2022 melalui situs resmi https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id/home

Berikut merupakan jadwal seleksi yang perlu diperhatikan oleh pelamar Rekrutmen Bersama BUMN Batch II:
• 1 – 7 Desember 2022: Pendaftaran Online.
• 21 – 28 Desember 2022: Tes Kompetensi Dasar & AKHLAK.
• 8 – 10 Januari 2023: Tes Bahasa Inggris.
• 20 – 28 Januari 2023: TKB, Wawancara dan MCU.
• 31 Januari 2023: Inaugurasi.