Masuk

Resmi! Pemain Keturunan, Shayne Pattynama Jadi Warga Negara Indonesia

Komentar

Terkini.id, Jakarta Pemain keturunan berdarah Belanda, Shayne Pattynama sudah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah melakukan pengambilan sumpah di Kantor Wilayah Kemenkumham, Jakarta, Selasa 24 Januari 2023 sore.

Shayne Pattynama terlihat didampingi oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. Pemain berusia 24 tahun itu dengan serius menjalani serangkaian kegiatan sumpah hingga selesai.

Kegiatan pengambilan sumpah WNI dari Shayne Pattynama diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Kemudian dibacakan surat Keppres RI tentang pengangkatan WNI sang pemain.

Baca Juga: Pemain Keturunan, Shayne Pattynama Selangkah Lagi Jadi Warga Negara Indonesia!

Selepas itu, dilanjutkan dengan pembacaan sumpah WNI kepada Shayne Pattynama. sang pemain pun tampak dengan lancar mengikuti arahan pembacaan sumpah.

“Demi Tuhan yang Maha Esa, saya menyatakan dan berjanji dengan sungguh-sungguh, melepaskan seluruh kesetiaan setia kepada kekuasaan hati, dengan ini tunduk dan setia kepada NKRI, Pancasila, dan undang-undang dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945,” tutur Shayne Pattynama mengikuti ucapan Kepala Kanwil DKI Jakarta, Ibnu Chuldun.

“Dan akan membelanya, dengan sungguh-sungguh serta akan menjalankan, kewajiban, yang dibebankan negara kepada saya, dengan tulus dan ikhlas,” lanjut Shayne Pattynama.

Baca Juga: Naturalisasinya Disetujui DPR, Shayne: Saya Semakin Dekat Wujudkan Mimpi Ayah

Shayne Pattynama tampak menggunakan setelan kemeja putih, jas hitam dan dasi merah serta memakai peci yang membuatnya terlihat gagah.

Sebelumnya diketahui, Shayne Pattynama telah menjalani berbagai rangkaian proses naturalisasi yakni disetujui oleh Komisi X dan III DPR RI.

“Terima kasih semuanya yang telah membantu proses naturalisasi ini sampai selesai sehingga Shayne kini sah sebagai WNI,” ungkap Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, dikutip dari Suara.com jaringan Terkini.id, Selasa 24 Januari 2023.

Dengan hadirnya Shayne Pattynama di skuad Garuda, akan menambah banyak opsi di lini belakang Timnas Indonesia setelah sebelumnya sudah ada dua pemain yang terlebih dahulu resmi menjadi WNI yakni Jordi Amat dan Sandy Walsh.

Baca Juga: Proses Naturalisasi Berlangsung, Shayne Pattynama Sudah Antusias Bela Timnas

Sebagai informasi, Shayne Pattynama saat ini berkiprah di Eropa yaitu di klub Norwegia Viking FK. Semoga dengan hadirnya Shayne di Timnas Indonesia, bisa memberi dampak positif bagi skuad Garuda agar lebih berprestasi kedepannya.