Masuk

Rocky Gerung Sebut DPP PPP Gigit Jari Setelah PPP Yogyakarta Sambut Deklarasi Anies

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Pengamat Politik Indonesia, Rocky Gerung turut berkomntar mengenai sambutan kader PPP Yogyakarta untuk Anies Baswedan. Dia menyebut sambutan itu membuat kader PPP Jakarta gigit jari.

Deklarasi Anies di Yogyakarta pada Rabu 16 November 2022 yang diadakan oleh Forum Kakbah Membangun (FKM) dihadiri oleh ribuan kader PPP, masyarakat umun dan juga simpatisan.

Deklarasi ini pun mengundang komentar dari berbagai pihak, termasuk Rocky Gerung. Dia mengatakan politik yang paling jujur dari PPP sebenarnya ada di Yogyakarta.

Baca Juga: Rocky Gerung Sebut Akal Sehat dan Keadilan ‘Tewas’, ini Obatnya

Sehingga, dengan adanya kejujuran dari kader PPP di Yogyakarta yang memberikan dukungan atas deklarasi Anies Baswesan, membuat DPP PPP gigit jari.

“Bagian yang paling elit sebetulnya, atau yang paling sebut saja politik yang paling jujur dari PPP itu di Jogja. Dan PPP yang ada di Jakarta yang DPP itu akhirnya ya silahkan gigit jari”, kata Rocky Gerung, dikutip dari video di kanal YouTube Rocky Gerung Official, Kamis 17 November 2022.

Menurut Rocky Gerung, Yogyakarta merupakan basis Muhammadiyah dan ada upaya untuk menerangkan bahwasanya Anies merupakan bagian dari Universitas Gadjah Mada (UGM) serta kalangan intelektual merasa jika politik harus diucapkan diluar daripada partai.

Baca Juga: Rocky Gerung Sebut Hasil Lembaga Survei Ganjar Pranowo Direkayasa

“Karena di Jogja itu adalah basis dari Muhammadiyah dan berupaya untuk diterangkan disitu bahwa Anies juga dari belajar di UGM dan kalangan intelektual di UGM juga merasa bahwa politik perlu diucapkan diluar sistem kepartaian”, sambungnya.

Rocky Gerung menegaskan jika nantinya kader PPP bisa dipastikan akan melirik kepada Anies Baswedan yang saat ini bisa dilihat bentuk dukungannya terhadap deklarasi Anies di Jogja.

Selain itu, dukungan dari PPP ini dinilai dari orang-orang yang memiliki mental yang kuat, tidak seperti PPP yang mampu goyah oleh perintah.

“Jadi sekali lagi, massa PPP itu sudah pasti 98% pergi ke Anies tuh. Karena saya tahu ketokohan ini, kalangan ini, apa sih istilahnya, Forum Kakbah Membangun ini dan sangat faham arah bangsa tuh. Dan itu orang-orang yang kuat mentalnya sebetulnya tih, bukan kayak PPP yang tiba-tiba kiri kanan disuruh kesana iya disuruh kesini iya”, ujar Rocky Gerung.

Baca Juga: KKB Kembali Berulah, Rocky Gerung: Ada Bagian dari Batin Orang Papua yang Terus Merasa ada Ketidakadilan

Akademisi itu memandang bahwa peristiwa di Yogyakarta merupakan deklarasi relawan yang memungkinkan Anies percaya akan dukungan rakyat.

Dukungan dari partai dinilai hanya sebagai bentuk dukungan elektoral saja dan dukungan ril bisa dilihat dari Forum Kakbah Membangun.

“Tahap pertama dari deklarasi-deklarasi relawan yang memungkinkan Anies percaya bahwa dia akan didukung oleh rakyat bukan didukung oleh partai. Dukungan partai itu dukungan elektoral aja karena secara 20% itu kan. Tapi dukungan ril ada pada Forum Kakbah Membangun yang akhirnya menemukan momentum di Jogja betul-betul tegas pesannya tuh dan Anies merasa lebih nyaman”, kata Rocky Gerung.