Sayur Ini Harus Segera Dimakan Jika Tidak Menjadi Racun

Sayur Ini Harus Segera Dimakan Jika Tidak Menjadi Racun (Sumber foto : sehatq.com)

Terkini.id, – Banyak jenis sayur yang bisa diolah untuk memenuhi takaran kebutuhan gizi harian kita. Beberapa sayur sangat mudah diolah dan bisa bertahan lama setelah dimasak. Namun ada juga sayur yang jika tidak segera dimakan akan menjadi racun di tubuh.

Sayur apa yang harus segera dimakan jika tidak menjadi racun?

Sayur yang harus segera dimakan setelah diolah jadi makanan adalah sayur yang mengandung nitrat. Jenis sayuran yang banyak mengandung nitrat adalah bayam, seledri dan bit.

Selain menyegarkan jika dikonsumsi, kandungan gizi sayuran ini juga sangat kaya.

Sayur bayam sering diolah menjadi sayur bening dan termasuk masakan yang sering dibuat oleh masyarakat Indonesia karena mengolahnya sangat mudah, tidak banyak bumbu dan waktu masak yang singkat.

Menarik untuk Anda:

Oleh para ahli gizi menyarankan untuk jenis sayuran bayam jika telah diolah jadi makanan haruslah segera dimakan dan tidak boleh didiamkan lebih dari 5 jam.

Melansir dari Kompas.com, ahli gizi Farah Rizky, S.Gz , menerangkan dalam buku karyanya, “The Miracle of Vegetables” bahwa sayur bayam yang didiamkan selama lebih dari 5 jam akan teroksidasi dengan udara dan mengubah kandungan nitrat (NO3) menjadi nitrit (NO2) yang sifatnya tidak berwarna, tidak berbau dan beracun.

Itulah sebabnya sayur bayam harus segera dikonsumsi setelah diolah menjadi masakan.

Selain itu sayur bayam haruslah dalam kondisi segar saat dibeli dan sesegera mungkin dimasak. Jika telah layu atau disimpan lama di dalam kulkas maka senyawa nitrit yang bersifat racun akan meningkat kadarnya yang nantinya akan berdampak pada kesehatan sel darah merah atau hemoglobin.

Racun nitrat dalam sayur bayam yang tidak langsung dimasak dan tidak langsung dimakan setelah diolah, akan  menyebabkan sel darah merah kehilangan kemampuan dalam mengikat oksigen.

Akibatnya tubuh akan mengalami gangguan kesehatan. 

Gejala yang bisa terjadi jika sel darah merah tidak mampu mengikat oksigen,

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Waspadai Jenis Makanan Ini Pemicu Kolesterol Tinggi

Kenali Tanda-Tanda Kolesterol Tinggi di Dalam Tubuh

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar