Sebut Hukum Cukur Jenggot Itu Haram, Ustadz Yazid: Allah Turunkan Azab Kepadanya!

Terkini.id, Jakarta – Beredar video ceramah Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas, dirinya berpendapat bahwa hukum mencukur jenggot itu haram, bahkan ia menilai Jenggot itu bagian dari syari’at, harus dijaga atau tidak boleh dicukur.

Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas berpendapat bahwa menjaga jenggot dengan tidak mencukurnya adalah sebuah kewajiban dalam islam. Dirinya bahkan menyebutkan bahwa jenggot bagian dari syariat, atau hukum syar’i.

Selain itu, Ustadz Yazid juga menegaskan bahwa siapapun yang menentang syariat Allah SWT maka terancam terkena azab dari Allah SWT.

Baca Juga: Ustadz Yazid: Perayaan Tahun Baru Islam Syirik dan Bid’ah, Tidak...

Video itu diunggah oleh channel youtube imtinan channel, dengan judul ‘Ustadz… Jika Disuruh Cukur Jenggot?’, sebagaimana dilansir pada Sabtu, 26 Maret 2022.

“Mencukur jenggot itu haram hukumnya, bagaimana nasib orang-orang yang dipekerjaan mereka diharuskan mencukur jenggot?,” ujar Yazid bin Abdul Qadir membacakan pertanyaan salah satu jama’ah yang ditulis dalam selembar kertas.

Baca Juga: Ustaz Badrusalam: Jalan-Jalan ke Negeri Kafir Itu Haram Kata Para...

“Ya harus dijelaskan bahwa jenggot ini ketentuan syari’at!,” ujar Yazid bin Abdul Qadir menjawab.

“Atau dengan bahasa yang lain agar bisa orang itu paham, dengan tidak memakai dalil atau agama,” ujar Yazid bin Abdul Qadir melanjutkan.

“Jelaskan bahwa ini, umpanya karena orang awam gak ngerti, saya hobi saya jenggot ini, umpamanya, karena gak ngerti dalil,” ujar Yazid bin Abdul Qadir melanjutkan.

Baca Juga: Ustaz Badrusalam: Jalan-Jalan ke Negeri Kafir Itu Haram Kata Para...

Kemudian, Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas menjelaskan bahwa seorang Ustadz ketika ditanya fatwa hukum, maka cukup menjelaskan hukum tersebut, tidak diharuskan memikirkan bagaimana nasib mata pencarian mereka.

“Jangan Ustadz memberikan fatwa, ustadz juga harus carikan mata pencarian buat suaminya, ini kan fatwa!,” ujar Yazid bin Abdul Qadir menjelaskan.

“Disebutkan hukum jenggot haram untuk dicukur, lantas bagaimana pekerjaannya? kan kita cuma menjawab!,” ujar Yazid bin Abdul Qadir melanjutkan.

“Sebagai seorang muslim yang taat kita tahu, kita tinggalkan dong yang haram! kalau dia terus melanggar-melanggar maksiat apa dia gak takut kepada Allah? Allah turunkan azab kepada dia!,” ujar Yazid bin Abdul Qadir menandaskan.

Bagikan