Selamat, Gowa Jadi Satu-satunya di Sulsel Menerima Anugrah Kihajar 2019

Gowa Jadi Satu-satunya Kabupaten di Sulsel Menerima Anugrah Kihajar 2019

Terkini.id,Jakarta – Gowa menjadi satu-satunya kabupaten/ kota terdepan dalam hal pendidikan dari Sulawesi Selatan. Hal itu dibuktikan dengan berhasilnya daerah yang dipimpin Adnan Purichta Ichsan ini menerima Anugrah Kihajar 2019 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Penerima Anugerah Kihajar 2019, terdiri dari 14 kabupaten/kota dan dua provinsi. Kabupaten Gowa menjadi satu-satunya daerah dari Sulsel yang kepala daerahnya menerima Anugrah Kihajar 2019.

Penghargaan diberikan kepada pemerintah kabupaten/kota dan provinsi sebagai apresiasi atas prestasi dalam pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk pendidikan dan kebudayaan di wilayahnya. Anugrah Kihajar diserahkan di malam puncak yang digelar, di Balai Kartini, Jakarta, Kamis 14 November 2019 malam.

Sekjen Kemendikbud, Didik Suhardi, mengungkapkan Anugrah Kihajar ini diberikan pada para kepala daerah yang punya perhatian luar biasa dalam menyiapkan putra putrinya menyongsong masa depan.

“Para kepala daerah yang peduli dan mengantisipasi kebutuhan anak-anaknya. Kemendikbud memberikan penghargaan yang diharap bisa menjadi contoh bagi daerah-daerah lain. Penerapan IT sudah tidak bisa ditawar-tawar lagi,” ungkapnya.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, menuturkan anugrah ini merupakan hasil kerja keras seluruh pihak. “Ini akan menjadi cambuk kita kedepan untuk terus mengembangkan pendidikan dalam hal teknologi informasi dan komunikasi,” ungkapnya.

Anugrah Kihajar, kata Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustekkom) Kemendikbud, Gogot Suharwoto,  dimaksudkan untuk memetakan tingkat pendayagunaan TIK untuk pendidikan dan kebudayaan di daerah. Tahun ini, lanjutnya, terdapat 155 peserta dari kabupaten, kota dan provinsi yang mengikuti kualifikasi.

” Bobot penilaian pada Anugrah Kihajar berupa penilaian atas dokumen 60 persen dan wawancara 40 persen. Setelah melalui verifikasi panjang, tim akhirnya memilih 16 kepala daerah yang teruji berhasil menggunakan teknologi informasi dam komunikasi dalam berbagai elemen dalam bidang pendidikan,” tambah Gogot.

Selain Gowa, daerah lain yang menerima Anugrah Kihajar, yakni Kabupaten Gunung Kidul, Kota Surabaya, Yogyakarta, Malang, Bandung, Semarang, Kabupaten Badung, Kutai Timur, Deli Serdang, Maluku Tenggara, Kota Banda Aceh, Jayapura, dan Banjarbaru. Sementara dua provinsi yakni Provinsi Sulawesi Utara dan Jawa Timur.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Ekobis

Telkomsel Sebar Kebahagiaan di Akhir Tahun

Terkini.id, Makassar - Telkomsel kembali menghadirkan Roadshow Natal dan Tahun Baru (Naru) 2019 yang akan memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan. Kepada 2.000 anak
Bisnis

Kalla Aspal Rayakan HUT ke-31 Tahun

Terkini.id, Makassar – 31 tahun yg lalu, tepatnya pada 07 Desember 1998 Kalla Group mendirikan Kalla Aspal yang menjadi Perusahaan Agen Aspal Curah dari