Masuk

Siap Maju Capres 2024, Sandiaga Uno: Parpol Akan Tentukan di Bulan September Tahun Depan

Komentar

Terkini.id, JakartaSandiaga Uno menyatakan sikap untuk maju sebagai Capres 2024. Dia mengatakan sedang menunggu keputusan dari partai politik (parpol) di bulan September tahun depan, Senin 12 September 2022.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno mengatakan kesiapan maju menjadi calon presiden (Capres) 2024 jika telah menerima keputusan dari partai-partai politik pendukungnya.

“Tunggu keputusan dari partai-partai politik, itulah akan menentukan, partai politik akan menentukan di bulan September tahun depan,” sebutnya setelah bertemu UMKM di Mal Ambon City Center (ACC), Minggu 11 September 2022, dilansir CNNIndonesia.

Baca Juga: Anies Baswedan Bakal ke Makassar Sapa Masyarakat Sulsel 10-11 Desember 2022

Dia mengaku selama ini, sementara membangun komunikasi politik dengan beberapa pimpinan partai yang telah berjalan harmonis dan selalu membuka peluang silaturahmi mengenai pemberian masukan baik dari pemangku kepentingan, seperti tokoh agama, tokoh masyarakat maupun pimpinan partai politik.

“Ini bagian dari menampung aspirasi,” sebutnya.

Sandi tidak bicara banyak ketika ditanya mengenai Menteri Pertahanan dan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto yang juga siap maju sebagai Capres 2024. Sandi adalah kader Gerindra hanya mengulang pernyataannya soal menunggu keputusan dari partai-partai politik pendukungnya yang bakal ditentukan, pada Bulan September 2023.

Baca Juga: Soal Capres, Pengamat Minta Jokowi Belajar Kepada SBY

“Nanti ada saatnya berbicara mengenai hal-hal politik,” imbuhnya.

Sembari menunggu keputusan partai politik, Sandi menegaskan fokus menunaikan tugas-tugas menteri dalam membantu Jokowi selama satu tahun ke depannya. Menurutnya, masih ada pekerjaan di depan mata yang memerlukan perhatian khusus.

Sesuai harapan Jokowi buat menyelesaikan sejumlah agenda sangat mendesak khususnya terkait dengan penanganan ekonomi ke depan.

“Seperti kita lihat tadi salah satu pertanyaan dari Adinda Dewi Mahasiswa Pattimura bagaimana keadaan ekonomi, bagaimana tantangan hidup sekarang dengan biaya hidup yang semakin meningkat dan juga fokus kita terhadap pemulihan yang lebih cepat dan kebangkitan yang lebih kuat,” terangnya.

Baca Juga: Heboh, Pernyataan Jokowi Seputar Pemimpin Rambut Putih, Denny Siregar: Bukan Ganjar, Bapak Rambutnya Hitam

“Kami lihat bahwa memang kontestasi demokrasi memasuki pentahapan, tapi fokus dari pemerintah sekarang bagaimana membantu masyarakat dengan penuh empati memberikan solusi agar mereka melewati masa-masa yang sulit,” lanjutnya.

“Masih fokus pada tugas yang di depan mata, terutama yang berkaitan dengan ekonomi rakyat yang sudah dihadirkan yakni solusi cepat enggak pakai ribet langsung kita hadirkan solusinya,” sambungnya.

Sekarang Sandi fokus tentang menjawab kebutuhan masyarakat, memberi solusi, membuka peluang usaha, serta lapangan kerja.

“Target kita 1,1 juta lapangan kerja, dan tahun ini 4,4 juta lapangan kerja baru yang berkualitas untuk meringankan beban hidup masyarakat,” katanya.

Sebelumnya diketahui, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra mengingatkan kepada salah satu kadernya, Sandiaga Uno, terkait konsekuensi etik dan moral mengenai niatnya maju pada pencalonan presiden di Pilpres 2024.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menyatakan tidak mempermasalahkan niat Sandi maju menjadi Capres dari partai lain. Tetapi, katanya hal tersebut mempunyai konsekuensi secara etik dan moral.

“Calon presiden yang dicalonkan partai lain itu enggak ada masalah, tapi ada konsekuensi kan gitu secara etik maupun secara moral,” pungkas dia di kompleks parlemen, Jumat 9 September 2022.