Di Sidrap, Penyuluh dibantu mahasiswa Polbangtan Gowa memvaksin 700 ekor unggas

Kegiatan vaksinasi unggas di Kabupaten Sidrap

Banyaknya penyakit yang menyerang unggas, terutama cacar di Kabupaten Sidrap, Mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa Jurusan Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan bersama penyuluh peternakan dan pemilik usaha peternakan segera bertindak dengan memvaksinasi ayam petelur sebanyak 700 ekor dengan umur ayam 84 hari. Vaksin cacar yang diberikan adalah Medivac Pox. (18/06).

Cacar pada unggas adalah penyakit yang mudah menular. Layaknya cacar pada manusia, cacar unggas menyebabkan kerusakan kulit berupa lepuh-lepuh.

Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Teteaji Kecamatan Tellu Limpoe, Kabupaten Sidrap. Hadir mendampingi mahasiswa adalah penyuluh peternakan yakni Ibu Nursidah dan pemilik usaha peternakan Bapak Kamaruddin.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk mencegah terjadinya penyakit virus pox/fowl pox dimana penyakit ini dapat membuat ternak unggas mengalami hambatan pertumbuhan yang cukup signifikan, penurunan produktivitas seperti turunnya feed intake pada broiler dan produksi telur yang turun pada ayam layer.

Bersama mahasiswa Polbangtan Gowa, pemilik usaha peternakan Bapak Kamaruddin merasa terbantukan dengan kehadiran mahasiswa di tempat usaha peternakannya dalam memberikan vaksin cacar untuk kesehatan ayamnya sehingga produksi telur yang dihasilkan tetap banyak untuk pemenuhan kebutuhan konsumen di pasar.

Pendapat kami sebagai mahasiswa tentunya sangat senang dapat melakukan kegiatan seperti ini karena kegiatan ini dapat membuat wawasan dan pengetahuan kita meningkat, di satu sisi juga kita dapat mengetahui keadaan peternak di lapangan dalam hal ini juga kita bisa saling bertukar pikiran serta ilmu yang kami peroleh di kampus dan pengalaman yang peternak dapatkan di lapangan, ungkap Firdaus. (FIR/MUZ).

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Kampus

Yuk, Nantikan Semarak BODY 2019 di Kampus UNM

Terkini.id,Makassar -  Biology Open Day (BODY) kembali dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA UNM pada 13 hingga 17 November 2019 mendatang.Kegiatan ini mengusung
Kampus

LKIM-PENA Unismuh Kembali Gelar PIKIR 2019

Terkini.id, Makassar - Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Kreativitas Ilmiah Mahasiswa Penelitian dan Penalaran (LKIM-PENA) Universitas Muhammadiyah Makassar kembali menyelenggarakan Pekan Ilmiah dan Kreativitas Remaja