SMAN XII Tana Toraja Terkena Longsor Sejak 2019, JRM Minta Dinas Pendidikan Segera Rehab

Terkini.id – Anggota DPRD Sulsel, Jhon Rende Mangontan (JRM) mengaku terkejut dengan kondisi Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) XII Kecamatan Mampak, Kabupaten Tana Toraja yang terkena longsor.

Hal itu diketahui, ketika JRM melakukan kunjungan kerja ke lokasi tersebut, Sabtu 8 Mei 2021.

Sebagian bangunan SMAN XII itu terkena longsor sejak tahun 2019. Namun menurut JRM sampai saat ini luput dari perhatian dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel).

Baca Juga: Gempa dan Covid-19 di Sulbar, Yayasan Karampuang Gaungkan Gerakan Kembali...

“Salah satu kasus yang saya temui di kecamatan Mampak adalah SMAN XII yang terkena longsor mengakibatkan banyak kelas dan ruang komputer ambruk dan musibah ini sejak 2019 lalu,” ungkap Politisi Partai Golkar ini.

JRM mengungkapkan bahwa, berdasarkan informasi dari kepala sekolahnya, bahwa kondisi tersebut telah dilapor ke Dinas Pendidikan Provinsi sejak terjadi longsor dan sudah dikunjungi oleh Dinas Pendidikan dan TGUPP tapi belum ada penanganan sama sekali.

Baca Juga: Jokowi Sulit Pilih Pengganti Panglima TNI, karena Semuanya Potensial dan...

“Kasian anak sekolah dan guru-guru kalau setiap ada hujan pasti tingkat was-was cukup tinggi dengan mengkuatirkan terjadi longsoran ulang,” ujarnya. 

JRM berharap agar pemerintah Pemprov Sulsel khususnya Dinas Pendidikan segera menangani dengan tuntas agar persoalan ini cepat tertangani.

Selain itu, ia menyebut bahwa struktur tanah sangat labil dan berpasir sedangkan bangunan diatas permukaan sudah ada sejak lama sehingga dibutuhkan solusi yang perlu dilakukan seperti pematangan lahan dengan sistem trasering pentalutan dengan perhitungan yang matang.

Baca Juga: Jokowi Sulit Pilih Pengganti Panglima TNI, karena Semuanya Potensial dan...

“Pembangunan atau pembuatan drainase yang mampu menjinakkan aliran air dan penghijauan di sekitar kawasan tersebut,” pungkasnya.

Bagikan