SMK Kehutanan Negeri Makassar Sebar 104 Murid PKL ke Kalimantan

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan

Terkini.id, Makassar-Seluruh siswa-siswi kelas XI SMK Kehutanan Negeri Makassar diberangkatkan menuju Kalimantan dalam rangka Praktik Kerja Lapangan (PKL).

Melansir rilis Humas SMK Kehutanan Negeri Makassar, Minggu, 23 Februari 2020, pemberangkatan berlangsung 2 tahap menggunakan jalur udara dan darat, dimana untuk 36 siswa kelas XI TKSDH menuju Taman Nasional Kutai Provinsi Kalimantan Timur didampingi Wakasek Kesiswaan Muh. Ilyas, S.Hut, MP., dan Agus Salim. Dan untuk kelas XI TIPH 35 orang dan TRRH 33 orang menuju HPH dan HTI di Kalimantan Tengah didampingi oleh Kepala Sekolah Hariyono, S.Pd., Rr. Dian Pristia dan Muh. Nur Mugaffar.

Total siswa kelas XI yang ikut PKL sebanyak 104 orang didominasi laki-laki 82 orang dan perempuan 22 orang. Siswa puteri tersebar di 3 kelas, yaitu : 8 orang kelas TIPH (Teknik inventarisasi dan pemetaan hutan), 8 orang kelas TKSDH (Teknik konservasi sumber daya hutan) dan 6 orang di kelas TRRH (Teknik Rehabilitasi dan Reklamasi hutan).

“Praktek Kerja Lapang (PKL) selama 2 bulan ini adalah salah satu bentuk implementasi secara sistematis dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja secara langsung didunia kerja untuk mencapai tingkat keahlian tertentu. Dasar PKL Kelas XI TKSDH di Kalimantan Timur adalah MoU 2 belah pihak antara SMK Kehutanan Negeri Makassar dengan Balai Taman Nasional Kutai Provinsi Kalimantan Timur,” kata Wakasek dan Humas Ahmad Syihabi.

Ia menambahkan, untuk kelas XI TIPH dilakukan di 9 perusahaan HPH Hutan Alam yakni PT. Wana Inti Kahuripan Intiga, PT. Hutanindo Lestariraya Timber, PT. Hutan Mulya, PT. Graha Sentosa Permai, PT. Bumimas Permata Abadi, PT. Bina Multi Alam Lestari, PT. Amprah Mitra Jaya, PT. Central Kalimantan Abadi dan PT. Gaung Satya Graha.

“Dan untuk kelas XI TRRH dilakukan di 5 Perusahaan HTI yakni PT. Taiyong Engreen, PT. Korintiga Hutani, PT. Industrial Forest Plantation, PT. Bukit Beringin Makmur dan PT. Perintis Adiwana. Dimana dasar PKL di Kalimantan Tengah adalah MoU 3 pihak yakni SMK Kehutanan Negeri Makassar, Dinas Kehutanan Propinsi Kalimantan Tengah dan APHI Kalimantan Tengah,” imbuhnya.

Syihabi berpesan, semoga PKL berlangsung sukses, dan bermanfaat untuk peserta didik sehingga bisa menambah pengetahuan dan pengalaman dalam dunia kerja. Untuk mencetak rimbawan yang unggul untuk Indonesia Maju.

Komentar

Rekomendasi

Hoax, “Jembatan Kembar Sungguminasa Ditutup,” Ini Tanggapan Kasubbag Humas Polres Gowa

Begini Cara Alfamidi Makassar Ajak Masyarakat Cegah Corona

Cegah Penyebaran Covid-19, Seleksi Penerimaan Polri 2020 Akan Dijadwal Ulang

MUI Kota Makassar Apresiasi Kerja LPBI NU Cegah Covid-19

Cegah Covid-19, “BKPRMI Bulukumba Peduli” Mulai Bergerak

Personil Tinggimoncong Siaga, Tutup Akses Jalan

Hadapi Situasi Darurat COVID-19, KLHK Protap Kesiapsiagaan Tenaga Medis dan Tenaga Pengamanan

Masif Cegah Covid-19, Disinfektan Divif 2 Kostrad Sasar Rumah dan Kantor

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar