Masuk

Spanyol Lolos 16 Besar Piala Dunia, Luis Enrique: Kami Lolos Tapi Tidak Merayakan Apa-apa

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Timnas Spanyol lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Namun, Pelatih Spanyol Luis Enrique mengatakan dirinya tidak punya apa-apa untuk dirayakan.

Timnas Spanyol lolos ke 16 besar meski dikalahkan Jepang 1-2 dalam babak penyisihan grup E. Spanyol pun tidak merayakan mereka lolos.

Luis Enrique sadar, dengan kekalahan dengan Jepang, suatu saat Spanyol bisa tersingkir. Ia tak mau kena “serangan jantung” karena merayakan masuk 16 besar di saat Spanyol punya peluang untuk tersingkir.

Baca Juga: Presiden Turki Sebut Cristiano Ronaldo Korban Politik di Piala Dunia Hingga Jarang Dimainkan

“Dalam sepak bola Anda pantas mendapatkannya atau tidak dan kami tidak pantas mendapatkannya,” kata Enrique dalam konferensi pers sesudahnya, melansir dari ESPN dan dikutip dari Suara.com jaringan Terkini.id pada Jumat 2 Desember 2022.

“Saya tidak senang sama sekali. Saya ingin menjadi yang teratas dan menang, tetapi dalam lima menit Jepang mencetak dua gol. Saya tidak pernah merayakan kekalahan jadi kami tidak merayakan apa-apa. Kami lolos tapi saya tidak merayakan apa-apa,” sambungnya.

Jepang kembali menciptakan sensasi besar dalam Piala Dunia 2022 dengan menjungkalkan Spanyol 2-1 dalam pertandingan terakhir di Grup E yang berlangsung di Stadion Khalifa International, Doha, Qatar, Jumat dini hari ini.

Jepang vs Spanyol. (Foto: Getty Images/Marc Atkins)
Baca Juga: Lionel Messi Dikabarkan Masuk Daftar Pertimbangan Ikon Mata Uang Argentina

Itu adalah pencapaian fantastis kedua usai mereka juga menumbangkan juara dunia empat kali Jerman pada laga pertama Grup E.

Tak hanya itu saja, dua pemain yang memasukkan gol ke gawang Spanyol juga merupakan dua pemain yang melesakkan gol ke gawang Jerman.

Hasil tersebut juga kembali membuat Jepang mengejutkan semua orang karena finis urutan teratas dalam grup neraka yang dihuni dua mantan juara dunia, Spanyol dan Jerman.

Kemenangan itu juga mengusir Jerman lebih awal dari Piala Dunia seperti terjadi dalam edisi empat tahun lalu di Rusia.

Baca Juga: Pemain Muda Terbaik di Piala Dunia 2022, Enzo Fernandez Jadi Rebutan Dua Klub Besar Eropa!

Sebelumnya, Spanyol sempat unggul cepat dalam pertandingan ini lewat gol Alvaro Morata di menit ke-11. Akan tetapi, di babak kedua, Jepang membalas dua gol lewat Ritsu Doan (48′) dan Ao Tanaka (51′) untuk berbalik unggul 2-1.

Kemenangan itu membuat Jepang lolos ke 16 besar sebagai juara Grup E usai mengumpulkan enam poin dari tiga pertandingan. Sementara posisi kedua atau runner-up direbut Spanyol yang mengoleksi empat poin.