Sulsel Kembali Siaga Banjir: Hujan dan Angin Kencang, Pintu Air Bili-bili Dibuka

Terkini.id, Makassar – Wali Kota Makassar, Ramdhan Pomanto, pagi ini menginstruksikan semua kecamatan dan OPD untuk siaga.

“Segera kami instruksikan untuk semua camat dan OPD se-Kota Makassar agar kembali Siaga Bencana Banjir, Petir dan Angin Kencang,” terang Danny Pomanto, Rabu 6 Februari 2018.

Menurut pantauan satelit, kata dia, diprediksi kecepatan angin sejak dini hari tadi, Rabu 6 Februari akan mencapai 28 kilometer dengan dan curah hujan mencapai 12 milimeter.

“Untuk seluruh masyarakat Kota Makassar, tetap siaga penuh,” tambah Danny Pomanto.

Hari ini, pengelola bendungan Bili-bili kembali melakukan pembukaan pintu air.

“Menginformasikan untuk Status tanggal 06 Februari 2019, pukul 03.20, Tinggi Muka Air (TMA) waduk Bili-bili mencapai +99.51 dengan volume waduk sekitar 259.53 juta m3, inflow sekitar 645.02m3/dtk dan outflow sekitar 645.00m3/dtk,” tulis rilis Pengelola Bili-bili.

Dengan kondisi tersebut, status batas masih normal, dan saat ini bukaan pintu ditambahkan menjadi 7,7 meter.

“Mohon kiranya dapat di berikan informasi Kepada seluruh masyarakat yang akan menerima dampak di hilirnya bendungan bili-bili Sungai Jeneberang,” tulisnya.

Prakiraan Cuaca BMKG

Adapun Prakiraan Cuaca Wilayah Sulawesi Selatan dan sekitarnya hari ini tanggal 06 Februari 2019 antara lain:

– Pagi Hari: Berawan dan berpotensi hujan ringan di wilayah Makassar, Gowa, Takalar, Jeneponto, Maros, Pangkep, Barru, Pare-Pare, Pinrang, Watansoppeng, Selayar.

– Siang/Sore hari: Berawan dan berpotensi hujan ringan di wilayah Makassar, Gowa, Takalar, Jeneponto, Maros, Pangkep, Barru, Pare-Pare, Pinrang, dan hujan sedang di wilayah Rantepao, Palopo, Belopa, Makale.

– Malam hari: Berawan dan berpotensi hujan ringan di wilayah Makassar, Gowa, Takalar, Maros, Pangkep, Barru, hujan sedang di wilayah Masamba, Malili, dan hujan lebat di wilayah Palopo, Belopa.

– Dini Hari: Berawan dan berpotensi hujan ringan di wilayah Makassar, Gowa, Maros, Pangkep, Barru, Selayar, Bulukumba, Bantaeng, Sinjai, Palopo, Belopa, Enrekang.

– Suhu Udara : 20 – 31°C.
– Kelembapan Udara : 70 – 95 %.
– Angin : Barat Daya – Barat Laut / 10 – 40 km/jam.
– Peringatan Dini :
Waspada potensi hujan lebat di sertai angin kencang di wilayah Belopa dan Palopo.
Moderate Sea (Gel. 1.25-2.5 m) terjadi di Selat Makassar bagian selatan, Perairan barat Sulawesi Selatan, Perairan Kep. Sabalana, Perairan Kep. Selayar, Laut Flores.

Prakirawan – BMKG Makassar
Dibuat: 06 Februari 2019, 06.00 WITA
http://www.bmkg.go.id

Berita Terkait
Direkomendasikan
Komentar
Terkini
Komunitas

FLP Luncurkan Buku Sejarah di Usia 22 Tahun

Terkini.id, Jakarta - Organisasi kepenulisan Forum Lingkar Pena (FLP) rencananya akan meluncurkan buku "Berbakti, Berkarya, Berarti: Jejak Forum Lingkar Pena dalam Gerakan Literasi Indonesia"