Tak Banyak yang Tahu, Inilah Orang Pertama di Indonesia yang Diangkat Jadi PNS

Terkini.id, Jakarta – Profesi sebagai abdi negara yakni Pegawai Negeri Sipil (PNS) sampai saat ini masih menjadi pekerjaan dambaan bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia.

Hal itu terbukti dari membludaknya peserta seleksi Calon PNS (CPNS) yang diselenggarakan instansi pemerintahan di seluruh wilayah Indonesia setiap tahunnya.

Namun, tahukah Anda siapa sosok PNS pertama di Indonesia? Dihimpun dari berbagai sumber, orang pertama yang menjadi PNS adalah Sri Sultan Hamengku Buwono IX yang merupakan Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Sri Sultan Hamengku Buwono IX diangkat oleh Almarhum A.E Manihuruk sebagai PNS pertama di Indonesia.

Mungkin Anda menyukai ini:

A.E Manihuruk merupakan Kepala Badan Administrasi Kepegawaian Negara (BAKN) yang saat itu statusnya bukan PNS, karena Kepala Badan kebanyakan berasal dari Pejuang, Tentara atau Politikus.

Baca Juga: Seorang PNS Lakukan Pelecehan Seksual Kepada Anaknya Berumur 4 Tahun

Sri Sultan Hamengku Buwono IX merupakan ayah dari Sri Sultan Hamengkubuwono X. Ia menjadi PNS pertama di Indonesia dengan Nomor Induk Pegawai (NIP) 010000001.

Sri Sultan HB IX ditetapkan menjadi PNS sejak tahun 1940. Hal itu dibuktikan dengan kartu tanda pegawai Republik Indonesia milik Sri Sultan Hamengkubuwono IX yang diterbitkan pada 1 Nopember 1974 dan ditanda tangani oleh kepala BAKN saat itu A.E. Manuhuruk.

Diketahui, berdasarkan UU Nomor 5 Tahun 2014 ASN atau Aparatur Sipil Negara adalah profesi Pegawai Negeri Sipil dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang bekerja pada instansi pemerintah.

Baca Juga: Sebelum Putuskan Daftar PNS atau P3K, Ini Perbedaan dan Persamaan...

PNS kini merupakan pegawai yang telah memenuhi syarat yang ditentukan, diangkat oleh pejabat yang berwenang dan diserahi tugas dalam suatu jabatan negeri, atau diserahi tugas negara lainnya, dan digaji berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Bagikan