Tak Mampu Penuhi Tuntutan Buruh, Anies Baswedan Ucapkan ‘Janji Manis’ ini, Yakin Dipenuhi?
Komentar

Tak Mampu Penuhi Tuntutan Buruh, Anies Baswedan Ucapkan ‘Janji Manis’ ini, Yakin Dipenuhi?

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Ratusan buruh menggelar aksi unjuk rasa yang menuntut kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) naik. Aksi tersebut berlangsung di Balai Kota Jakarta, Kamis, 18 November 2021.

Menanggapi aksi tersebut, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan langsung bertindak menemui kumpulan buruh itu. 

Anies pun mengeluarkan janji  yang menyebutkan akan membantu buruh dengan meringankan biaya hidupnya.

“Menurunkan biaya hidup kita bisa membantu di situ dengan memberikan fasilitas untuk pangan murah, kemudian memberikan biaya transportasi yang ditanggung, KJP untuk anak-anaknya,” kata Anies dalam kesempatan tersebut, mengutip Galamedia, Kamis 18 November 2021.

Lebih lanjut, Anies menjelaskan bahwa ada ketentuan yang harus ditaati dalam menaikkan UMP, tidak  boleh dilakukan dengan serta merta atau sembarangan.

DPRD Kota Makassar 2023
Baca Juga

Kendati demikian, lanjut dia, Pemprov DKI Jakarta akan lebih berusaha agar bisa membantu para buruh dengan sejumlah program lainnya.

“Diharapkan bisa mengurangi biaya sehingga walaupun pendapatan sudah diatur lewat PP yang ada, tapi mudah-mudahan mereka bisa menabung karena mereka biaya hidup lebih rendah,” katanya.

Anies mencontohkan, biaya transportasi di Jakarta untuk satu keluarga bisa mencapai besaran 30 persen pengeluaran.

Lalu jika ongkos transportasi digratiskan, hal itu, kata Anies, akan meningkatkan keleluasaan dalam mengelola pendapatan.

“Dengan diberikan biaya transportasi gratis maka mereka langsung mendapatkan keleluasaan, itu contoh,” pungkasnya.