Makassar Terkini
Masuk

Beda Sikap dengan MotoGP, Sandiaga Uno Dinilai tak Bantu Anies Sukseskan Formula E

Terkini.id, Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Menparekraf, Sandiaga Salahudin Uno dinilai tak mendukung jalannya helatan internasional balap Formula E di Jakarta. Padahal potensi meningkatnya pariwisata sudah jelas karena banyak orang asing menonton membeli tiket Formula E.

Akademisi Cross Culture, Ali Syarief menyoroti Sandiaga Uno yang tak kunjung nampak mempromosikan helatan internasional Formula E di International E-Prix Circuit, Ancol, Jakarta.

Kata dia, ajang tersebut memiliki nilai pariwisata yang berskala dunia. 

“Kita tdk mendengar, dia turut mensukseskan Formula E, padahal ini soal promosi Pariwisata yg mendunia,” ucapnya dikutip dari Twitter @alisyarief, Senin, 30 Mei 2022.

Ali pun menyinggung bahwa sosok Sandiaga Uno mulai dikenal karena bergabung dengan Anies Baswedan dalam memenangkan kontestasi pemilihan Gubernur atau Pilgub DKI Jakarta pada 2017.

“Kita ingat semua ya, siapa @sandiuno, menjadi politikus dan dikenal umum karena bersama @aniesbaswedan saat Pilgub DKI dulu,” lanjutnya.

Sandiaga Uno pun bereaksi mendengar bahwa dirinya disebut tak mendukung pergelaran Formula E. Mantan wakil Anies Baswedan di Pemprov DKI Jakarta itu mengatakan angkat bicara terkait kritikan bahwa dirinya tak mendukung pergelaran internasional Formula E di Jakarta.

Sandiaga dinilai berbeda sikap alias pilih kasih karena dulunya jor-joran mempromosikan ajang Moto GP Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Sementara itu, di perhelatan Formula E ia tak tampak mempromosikan event yang sama-sama mengundang wisatawan asing.

Namun begitu, Sandiaga justru menegaskan bahwa setiap kegiatan yang membangkitkan ekonomi dan membuka peluang usaha, pihaknya tentu akan mendukung.

“Mengenai Formula E, tentunya setiap kegiatan yang membangkitkan ekonomi membuka peluang usaha dan lapangan kerja dan pariwisata dan tentunya kami dukung dan kami memfasilitasi banyak,” kata Sandi seperti dikutip Selasa 31 Mei 2022.

Kemenparekraf kata Sandi, sudah memberikan fasilitasi dengan bentuk surat dukungan ke Pemprov DKI yang sudah diterbitkan.

“Dan kami fasilitasi dari segi penyelenggaraan yang sesuai CHSE, Cleanliness, Health, Safety and Environment Sustainability,” kata partner Prabowo Subianto saat Pilpres 2019 itu.

“Langkah koordinasi kami dengan teman-teman di dinas pariwisata dan ekonomi kreatif kebetulan mantan staf saya di sana, Pak Andhika sangat baik, teman-teman JakPro Pak Ahmad Sahroni kami sudah berjumpa, kami menyampaikan apa yang dibutuhkan silakan kami siap fasilitasi,” tandas Menteri terkaya Kabinet Indonesia Maju Pimpinan Presiden Jokowi itu.