Makassar Terkini
Masuk

Sikap Diam Sandiaga Uno dan Erick Thohir Terkait Formula E, Netizen: Ini Untuk Negeri Loh Bukan Untuk Anies Baswedan

Terkini.id, Jakarta – Polemik mengenai tidak adanya perusahaan BUMN yang menjadi sponsor dalam pergelaran Formula E Jakarta membuat netizen mempertanyakan sikap diam dari Erick Thohir dan Sandiaga Uno.

Tentunya sikap ini berbanding terbalik dengan MotoGP Mandalika yang dilaksanakan pada tanggal 18-20 Maret 2022 lalu. 

Bahkan pergelaran MotoGP Mandalika menggandeng Pertamina sebagai sponsor utama dari pelaksanaan acara balap motor tersebut.

Erick Thohir selaku Menteri BUMN juga turun langsung mengecek persiapan Sirkuit Mandalika. Erick Thohir juga berujar bahwa acara MotoGP Mandalika akan membuat Indonesia bersinar di mancanegara.

“Sebuah kepuasan tersendiri, melihat bangsa ini bersinar di mancanegara,” ujar Erick Thohir, dikutip dari okezone.com, Kamis 2 Juni 2022.

Peran Sandiaga Uno dalam ajang Formula E juga dipertanyakan karena dirinya sangat aktif pada saat ajang MotoGP Mandalika.

Setelah ajang MotoGP Mandalika berakhir, Sandiaga Uno malah berujar bahwa akan menggelar acara kelas dunia yang mirip dengan MotoGP Mandalika, yaitu F1 Boat Race atau F1 H2O.

“Terpikir oleh Pak Presiden untuk menyelenggarakan event sekelas F1 atau MotoGp (di Danau Toba) tapi yang di atas air, dan ini event F1 Boat Race atau F1 H20, yang diharapkan perekonomian Danau Toba bisa mengikuti Lombok,” kata Sandiaga Uno, dikutip dari kompas.com, Kamis 2 Juni 2022.

Melihat kejanggalan ini, sontak para netizen langsung mempertanyakan alasan dua pejabat tinggi pemerintah yang aktif dalam penyelenggaraan MotoGP Mandalika namun diam seribu bahasa ketika Formula E Jakarta akan dilaksanakan.

Komentar Netizen Soal Sandiaga Uno dan Erick Thohir yang Diam Terkait Formula E Jakarta (screenshot kolom komentar akun Twitter @hipohan)

Salah satu netizen dengan akun Twitter bernama @BagindoY menanyakan keberadaan Sandiaga Uno dan Erick Thohir dalam acara Formula E dan mengatakan bahwa acara Formula E bukan untuk Anies Baswedan melainkan untuk Indonesia.

“Hallo @sandiuno @erickthohir Kalian lg dimana n lg ngapain? Tidakkah kalian dengar akan ada perhelatan besar di Jkt? Ini untuk negri ini loh… untuk Indonesia tercinta bukan untuk @aniesbaswedan,” tulis akun Twitter @BagindoY, dilihat pada Kamis 2 Juni 2022.

Sementara netizen lainnya ikut berkomentar bahwa BUMN tidak bisa menjadi sponsor karena kondisi perusahaan BUMN Indonesia yang sedang mengalami kerugian.

“Bumn rugi semua,, gimana mau jadi sponsor? Menteri kreatif yg tidak kreatif,” ujar akun Twitter @AswanEfendi9, dilihat pada Kamis 2 Juni 2022.

Sedangkan terdapat pula netizen yang menyimpulkan bahwa alasan mengapa Erick Thohir dan Sandiaga Uno tidak membantu acara Formula E Jakarta, karena terkait pemilu 2024 mendatang.

“Mereka tidak ingin kalah tenar dengan pesaing sib2024… Hanya karena ingin terlihat berbuat untuk rakyat, padahal tidak lebih sekedar manusia penjilat plus pengkhianat,” tutur akun Twitter @AjaDamanik, dilihat pada Kamis 2 Juni 2022.