Tanggapi Aksi Risma Bantu Warga Angkat Kayu, Gus Umar: Buat Apa Coba Mensos Gini

Terkini.id, Jakarta – Pendakwah Gus Umar Hasibuan menanggapi sebuah foto yang memperlihatkan aksi Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini atau akrab disapa Bu Risma membantu warga mengangkat kayu.

Lewat cuitannya di Twitter, Rabu 20 Januari 2021, Gus Umar menilai aksi Risma tersebut seharusnya tidak perlu dilakukan oleh seorang Mensos.

“Buat apa coba mensos gini?” cuit Gus Umar.

Dalam cuitannya itu, Gus Umar mengaitkan peristiwa dalam foto itu dengan momen saat Risma meninjau lokasi bencana.

Mungkin Anda menyukai ini:

Ia pun menilai bahwa tugas utama menteri sosial saat berada di lokasi bencana yakni memastikan bantuan untuk korban bencana tersebut tersalurkan tanpa adanya halangan.

Baca Juga: Beredar Video Jokowi Minta Risma Ganti Anies Baswedan, Ini Faktanya

“Tugas dia itu gimana penyaluran bantuan korban bencana alam berjalan lancar tanpa halangan,” ungkapnya.

Namun, hingga saat ini belum diketahui pasti apakah foto Risma membantu warga mengangkat kayu tersebut diabadikan saat Mensos mengunjungi lokasi bencana atau bukan.

Sebelumnya, aksi Mensos Risma yang ikut membantu memasak di dapur umum bahkan membungkus nasi juga dikomentari politikus PKS Hidayat Nur Wahid.

Baca Juga: PKS Kritik Mensos Risma, Ferdinand: Mungkin Mereka Merasa Anies Terancam

Lewat cuitannya di Twitter, Hidayat Nur Wahid mengatakan seharusnya Risma lebih fokus membuat kebijakan-kebijakan solutif untuk bencana yang banyak terjadi.

“Bukan tugas Mensos mewacanakan soal sebab erupsi Semeru, atau ikut membungkus nasi untuk korban banjir. Tapi karena bencana alam makin banyak dan luas, segeralah buat kebijakan-kebijakan solutif dan visioner, perbaiki data-data untuk Bansos dan lain-lainnya. Agar Rakyat benar-benar terbantu dan Mensos bisa husnul khatimah sebagai Menteri,” cuit Hidayat Nur Wahid.

Seperti diketahui, Mensos Risma mau repot-repot menyiapkan nasi bungkus untuk para pengungsi banjir di dapur umum yang berada Kantor Desa Wonoasri, Kabupaten Jember, Jawa Timur, saat meninjau lokasi bencana tersebut pada Senin lalu.

Mantan Wali Kota Surabaya ini didampingi Bupati Jember Faida, memantau kegiatan tim relawan di dapur umum yang menyiapkan makanan untuk nasi bungkus kepada warga terdampak banjir.

Bahkan, Risma juga sempat membantu relawan memasak di dapur umum dengan menumis sayuran di wajan besar, kemudian membantu membungkus nasi untuk korban banjir yang belum bisa memasak untuk kebutuhan sehari-hari.

“Saya berkunjung ke Jember dan melanjutkan ke Lumajang untuk memantau penanganan daerah yang terdampak bencana alam,” ujarnya.

Bagikan