Teknik Sipil PNUP Gelar Pelatihan Konstruksi Baja Ringan di Desa Salenrang Maros

Program peningkatan keterampilan konstruksi baja ringan PNUP bagi masyarakat di Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros.

Terkini.id, Makassar – Pengabdian merupakan bentuk aktualisasi penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat di masyarakat sebagai salah satu unsur Tridharma Perguruan Tinggi (PT).

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) sebagai perguruan tinggi vokasi terbesar di kawasan timur Indonesia juga mengambil andil dan konstribusi. Dalam rangka memajukan dan mengembangkan pendidikan dan keterampilan masyarakat yang diwujudkan dalam Program Ipteks Bagi Masyarakat (IbM).

Meskipun di tahun 2020 ini merupakan pandemi Covid-19, tim IbM Jurusan Teknik Sipil (JTS) PNUP tetap melaksanakan kegiatan Pengabdian. Dengan program peningkatan keterampilan konstruksi baja ringan bagi masyarakat di Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros. Sebagai lembaga mitra desa binaan PNUP, pada hari Sabtu, 22 Agustus 2020.

Program IbM bertujuan meningkatkan pemahaman dan keterampilan masyarakat Desa Salenrang mengenai konstruksi baja ringan. Utamanya para pekerja konstruksi atau tukang dan masyarakat biasa yang ingin belajar konstruksi baja ringan.

Luaran yang diharapkan dari kegiatan pengabdian ini dapat menghasilkan tenaga tukang terampil dan membuka potensi bidang pekerjaan baru bagi masyarakat Desa Salenrang yang saat ini sedang kehilangan pekerjaannya akibat dampak Covid-19.

Menarik untuk Anda:

Bentuk kegiatan dilaksanakan dalam bentuk pelatihan langsung kepada peserta terkait pemahaman K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja), pemahaman peralatan dan konstruksi baja ringan, dan proses pabrikasi serta perangkaian konstruksi rangka baja ringan dengan tetap menerapkan protokoler kesehatan Covid-19 dengan membagikan masker kesehatan dan sarung tangan kepada setiap peserta.

Peserta kegiatan IbM diikuti oleh masyarakat dan aparat Desa Salenrang. Sementara itu, tim pelaksana IbM PNUP terdiri atas unsur dosen, Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) dan mahasiswa JTS Program Studi DIII-Teknik Konstruksi Gedung dan DIV-Perancangan Bangunan Gedung (sarjana terapan) sebagai tim pendamping pelatihan.

Tim Pelaksana IbM JTS PNUP di Desa Salenrang ini diketua oleh Dr.Eng. Ir. Adiwijaya, S.ST., M.T. dengan anggota Tim masing-masing Khairil, S.T., M.Eng., Anhar, S.T., dan Syafar Rahman, A.Md.

Pada kesempatan kegiatan IbM, Pemerintah Desa Salenrang yang diwakili oleh Sumantri sebagai Sekretaris Desa berharap kegitatan IbM ini dapat berlanjut di masa mendatang.

Serta dapat dikembangkan untuk diterapkan pada konstrusi baja ringan bangunan jembatan penyeberangan atau pejalan kaki yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Desa Salenrang. Dalam melakukan aktivitas harian seperti bertani,  berkebun, dan bertambak.

Kegiatan Program IbM Desa Salenrang dibiayai oleh DIPA PNUP dengan Nomor Kontrak B/44/PL10.13/PM.01.01/2020, tanggal 13 April 2020 dan dukungan kerjasama sponsorship produk baja ringan K-STEEL Kaso Baja Ringan dari pabrikan industri baja ringan nasional PT Cahaya Benteng Mas (PT. CBM).

Laporan : Adiwijaya Ali / Ketua Tim

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Maju di KBMI, FIKOM UMI Sasar Tingkat Nasional

Tetap Produktif di Masa Pandemi, Ini yang Dilakukan Himatep FIP UNM

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar