Tempe Benguk, Kuliner Unik Nan Khas Asal Yogyakarta

Terkini.id, Jakarta – Sebagian besar dari kita pasti tahu dan pernah memakan tempe, makanan olahan kacang kedelai super lezat dengan harga merakyat. 

Namun, pernahkah kalian mencicipi nikmatnya tempe benguk yang super unik dari Kulonprogo, Yogyakarta? 

Berbeda dengan tempe-tempe lain pada umumnya, tempe ini memiliki warna gelap, cenderung berwarna cokelat kehitaman—bahkan terkadang terlihat seperti asam.

Baca Juga: 5 Kota Dengan Destinasi Wisata Terindah di Indonesia

Olahan tempe tak biasa yang seringnya disajikan ketika lebaran ini dibuat dari kacang benguk atau koro benguk, yaitu kacang-kacangan yang ukurannya lebih besar dari kacang kedelai. 

Perbedaan mencolok kacang benguk/koro benguk dengan kacang kedelai, yaitu tekstur kacang benguk/koro benguk tidak bisa selunak kacang kedelai dengan kata lain sedikit lebih keras.

Baca Juga: Pengeroyokan Bryan Yoga Kesuma di Holywings Yogyakarta, Anung: Ada Juga...

Oleh karena itu, butuh sekitar dua hari untuk cukup melunakkannya sekaligus menghilangkan bau apek dari kacang benguknya.

Pada pengolahannya, biasanya tempe benguk dibuat dengan banyak menggunakan rempah-rempah khas Nusantara hingga campuran santan atau bahkan dibalut dengan bumbu opor sebelum digoreng. 

Namun, jika ingin versi lebih simpel, maka cukup bumbui dengan bawang putih dan ketumbar lalu goreng dalam minyak panas.

Baca Juga: Pengeroyokan Bryan Yoga Kesuma di Holywings Yogyakarta, Anung: Ada Juga...

Bagi kamu yang malas gerak, tentu saja resep yang satu ini patut dicoba! Sangat praktis, bukan?

Hingga saat ini, tempe benguk masih sangat eksis di pasar-pasar tradisional di Yogyakarta. 

Jadi, kalau kamu berkunjung ke Kulonprogo, di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, jangan lupa mencicipi tempe khas ini, ya! 

Bagikan