Ternyata ini Lokasi Asli KKN di Desa Penari yang Sebenarnya

Terkini.id, Jakarta – Semenjak penayangan film KKN di Desa di bioskop, tentu menjadi pertanyaan di mana sebenarnya lokasi asli KKN tersebut.

Memang pertanyaan ini menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat karena merasa penasaran dengan lokasi yang sebenarnya.

Mengenai lokasi asli film KKN di Desa Penari memang mengarah ke kawasan Rowo Bayu. Kawasan ini sendiri merupakan sebuah danau.

Baca Juga: Bikin Bulu Kuduk Berdiri! Ternyata di Sini Lokasi Sebenarnya KKN...

Dimana danau tersebut berada di Desa Bayu, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi.

Lokasi asli KKN tersebut dibenarkan oleh Kades setempat dalam hal ini Sugito. KKN yang dijadikan inspirasi sehingga dibuat film memang dilaksanakan pada tahun 2009 silam.

Baca Juga: Miris, Ribuan Lokasi di Indonesia Terindikasi Melanggar Tata Ruang

“Kalau KKN itu memang ada tahun 2009. Itu ada orang Surabaya di Desa Bayu. Kalau keterangan dari Kaur Kesra saya, itu ada orang dua itu yang sakit gitu lah. Kesurupan. Sampai 3 hari dicarikan orang tua, akhirnya gak sembuh-sembuh, akhirnya dibawa pulang,” ujar Sugito pada Minggu 22 Mei 2022 yang dilansir oleh travel.detik.com pada Minggu 22 Mei 2022.

Sugito menambahkan pernyataan tersebut lebih spesifik lagi bahwasanya nama dusun tempat KKN Ayu dan kawan-kawannya yaitu Dusun Pelataran.

Untuk datang ke dusun tersebut, jika dari balai desa terus naik ke arah Rowo Bayu.

Baca Juga: Miris, Ribuan Lokasi di Indonesia Terindikasi Melanggar Tata Ruang

Sugito juga menyebutkan jika ada dua peserta KKN yang kehilangan nyawa atau meninggal dunia.

Meninggalnya dua orang peserta KKN tersebut setelah melakukan hal yang dianggap tidak senonoh di Dusun Darungan dan melewati seabrek hal mistis.

Jarak Dusun Darungan dari Rowo Bayu berkisar 2 kilometer dan dusun tersebut pun dikenal sebagai kampung “hilang” oleh masyarakat sekitar.

Memang di Dusun Darungan ini terdapat sebuah kongsi atau perumahan kosong dan dijadikan tempat berbuat hal tidak senonoh oleh mahasiswa tersebut.

Penyebab perumahan tersebut yang dinamakan Perumahan Darungan dikosongkan karena proses pengerjaannya mengurang pada tahun 2000 lalu.

Perlu diketahui jika mahasiswa dan mahasiswi yang melakukan KKN (Kuliah Kerja Nyata) pada saat itu merupakan angkatan 2005/2006.

Peserta KKN ini berasal dari salah satu perguruan tinggi yang ada di Kota Surabaya.

Bagikan