Tim Ekspedisi Mapala 09 SMFT-UH Sukses Taklukkan Gunung Tertinggi di Australia

Mapala 09
Tim Ekspedisi Mapala 09 SMFT-UH Sukses Taklukkan Gunung Tertinggi di Australia

Terkini.id, Makassar – Tim Ekspedisi Ewako Merah Putih IV Mapala 09 Senat Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (SMFT-UH) telah berhasil menyelesaikan misinya mencapai puncak tertinggi di Australia, Mount Kosciuszko.

Pedakian tim dimulai pada 10 Desember 2019 dengan mengurus perizinan serta mencari informasi tambahan tentang rute pendakian di Thredbo Information Centre, di kaki gunung.

Setelah itu, tim melanjutkan perjalanan menuju titik start yakni Charlotte Pass dan memulai pendakian hari pertama sejauh kurang lebih 11,4 Km menuju lokasi camp pertama, melewati jalur main range dengan waktu yang ditempuh sekitar 7 jam 30 menit.

Kondisi suhu di Camp I saat itu berkisar 6°C yang berada pada ketinggian 2500 Mdpl.

Hari kedua pendakian adalah menuju puncak Kosciuszko. Setelah melakukan perjalanan sekitar 3 jam akhirnya tim tiba di puncak Kosciuszko.

Menarik untuk Anda:

Kondisi puncak yang cerah mendukung tim untuk mengambil dokumentasi tim dengan baik. Dari puncak, tim melakukan perjalanan kembali menuju thredbo selama 5 jam .

Saat tiba di kaki gunung (Thredbo), tim beristirahat di salah satu hostel yang ada sekitar wilayah tersebut, sebelum keesokan harinya kembali ke Canberra.

Mapala 09
Tim Ekspedisi Ewako Merah Putih Mapala 09 SMFT-UH di puncak gunung Mount Kosciuszko, Australia

Anugrah Pratama Putra selaku Ketua Panitia dalam Ekspedisi Ewako Merah Putih IV menjelaskan bahwa tiga orang yang melakukan pendakian  telah melakukan beberapa persiapan, terdiri atas persiapan bina fisik, bina materi, dan simulasi yang berlangsung kurang lebih enam bulan lamanya.

“Mapala 09 FT Unhas memiliki kegiatan pendakian secara reguler, khususnya puncak-puncak tertinggi di dunia. Sebelum mendaki puncak Gunung Kosciuszko yang berada di Australia, tim Mapala 09 sudah terlebih dahulu menaklukkan beberapa puncak gunung tertinggi,” ujar Anugrah, Senin, 16 Desember 2019.

Rencananya, Tim Ekspedisi Ewako Merah Putih IV Mapala 09 SMFT-UH akan kemballi ke Indonesia pada Selasa, 17 Desember 2019, dan akan tiba di Makassar pada Rabu, 18 Desember 2019.

Citizen Reporter: Rezkiyanto M. Tahir

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Komitmen Cegah Korupsi dan Tingkatkan Transparansi Kementerian Pertanian

Gelar Webinar, Pendidikan Akuntansi UNM Kembangkan Minat Wirausaha Mahasiswa

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar