Tingginya Kepuasan Masyarakat Jadi Modal Jokowi Menangkan Pilpres 2019

Kampanye jokowi
Di balik foto mesra Jokowi dan Iriana yang sempat beredar.(ist)

Terkini.id, Tangerang Selatan – Sebagai kandidat petahana, Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) harus memerhatikan tingkat kepuasan publik atas kepemimpinannya selama 4,5 tahun terakhir. 

Hal itu dapat dijadikan rujukan, guna mengetahui sejauh mana kebijakan yang dikeluarkan bisa dirasakan langsung masyarakat.

Juru bicara Tim Kampanye Daerah (TKD) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Julia Mihardja menuturkan, prestasi yang ditorehkan oleh kepemimpinan Jokowi selama periode pertamanya menjadi presiden mendapat penilaian khusus masyarakat.

Semua itu, kata Julia, tergambarkan dari hasil lembaga survei yang menyebutkan bahwa tingkat kepuasan masyarakat cukup tinggi atas kepemimpinan Jokowi.

Kepuasan itu terdiri atas beberapa sektor, baik soal infrastruktur, pendidikan, ekonomi, bidang Polhukam dan hubungan internasional.

“Kalau dilihat dari tingkat kepuasan masyarakat itu cukup tinggi ya, artinya ini menjadi salah satu modal kuat Pak Jokowi memenangkan Pilpres nanti,” kata Julia, Jumat 29 Maret 2019.

Merujuk hasil survei terbaru, kata Julia, diketahui jika sebanyak 72,9 persen masyarakat puas dengan kerja dan program pemerintah saat ini. Untuk sektor infrastruktur angkanya mencapai 79,2 persen dan sektor pendidikan mencapai 76,6 persen.

“Bahkan sekira 80 persen masyarakat optimis bahwa kondisi ekonomi mereka akan lebih baik kedepannya,” jelasnya.

Menurut Julia, tingkat kepuasan masyarakat tentu tak dapat dimanipulasi, karena hal demikian menggambarkan realitas yang sesungguhnya.

Dengan begitu, dia menganalogikan, bahwa tingkat kepuasan itu selalu berkaitan erat dengan arah pilihan politik masyarakat menjelang Pemilu 17 April mendatang.

“Masyarakat berfikirnya sederhana saja, kalau merasa puas dengan kinerja seseorang pemimpin maka dia ingin hal itu terus berlanjut. Ini juga jadi modal kami sebagai tim pemenangan di daerah, bagaimana mensosialisasikan keberhasilan-keberhasilan itu,” ucapnya.

Sebelumnya, lembaga Center for Strategic and International Studies (CSIS) merilis hasil survei terkait tingkat kepuasan terhadap kinerja pemerintah dan program kerja pemerintah.

Hasilnya menyebutkan, jika 72,9 persen rakyat mengaku puas dengan kerja dan program pemerintah. Survei CSIS diambil pada periode 15 hingga 22 Maret 2019, dengan Margin of error sekira 2,21 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Berita Terkait