Tingkatkan SDM Kepariwisataan, Dinas Pariwasata Palopo Lakukan Ini

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Palopo menggelar pelatihan pemandu wisata budaya dan warisan budaya serta pelatihan manajemen homestay, pondok wisata dan rumah wisata di Hotel Harapan, Senin 26 Agustus 2019.

Terkini.id, Palopo – Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Palopo menggelar pelatihan pemandu wisata budaya dan warisan budaya serta pelatihan manajemen homestay, pondok wisata dan rumah wisata di Hotel Harapan, Senin 26 Agustus 2019.

Sekretaris Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Palopo, Andi Enceng  dalam laporannya menyampaikan, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) khususnya para peserta pelatihan terkait bidang kepariwisataan.

Untuk pelatihan kali ini ungkap Andi Enceng dilaksanakan selama tiga hari dan dikhususkan untuk mempersiapkan SDM yang mahir dalam  hal pemasaran dan pemandu wisata budaya.

“Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan ini sebanyak 50 orang. Kedepannya akan menjadu pemandu wisata budaya dalam wilayah kota Palopo,” ungkap Enceng.

Terkait peserta pelatihan manajemen, lanjutnya dikhususkan bagi para penyedia jasa penginapan, homestay dan pondok wisata sehingga mereka mampu memberikan pelayanan terbaik  bagi wisatawan yang nantinya akan berkunjung ke Kota Palopo.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Palopo, H. Jamaluddin, SH, MH, yang mewakili Walikota Palopo, menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan pelatihan yang dikhususkan untuk menunjang kepariwisataan di kota Palopo.

Menurut sekda, berbicara tentang kepariwisataan berarti akan berkaitan dengan kebersihan, tata krama, integritas dan kejujuran. Apalagi saat ini pemerintah pusat bahkan di semua tingkatan daerah giat-giatnya membangun destinasi wisata.

“Kita sama sama memahami kemajuan kepariwisataan di daerah akan turut menopang meningkatnya perekonomian daerah, yang akan memberi kemajuan bagi daerah. Dan itu harus ditunjang dengan kemampuan dan kompetensi dari pemandu wisata.”

Lanjutnya, pelatihan tersebut juga diharapkan dapat menciptakan  pemandu wisata yang handal, yang dapat memahami standar pelayanan yang baik, santun, ramah dan memiliki tata krama yang baik agar dapat membangun kesan yang positif tentang Kota Palopo, khususnya dimata wisatawan.

Berita Terkait
Komentar
Terkini