Tuntas, Penilaian Mandiri Maturitas SPIP di Kodam XVIII/Kasuari

Terkini.id, Manokwari-Hasil Penilaian Mandiri Maturitas Sistem Penilaian Intern Pemerintah (SPIP) yang telah dilaksanakan oleh Tim inspektorat Jenderal Angkatan Darat (Itjenad) selama 4 hari, mulai tanggal 4 hingga 7 November 2019 di Kodam XVIII/Kasuari bertujuan untuk memberikan keyakinan yang memadai guna tercapainya tujuan organisasi, sehingga ke depan dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien keandalan pelaporan keuangannya, pengamanan aset negara, maupun ketaatan terhadap perundang-undangan.

Demikian dikatakan Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XVIII/Kasuari Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Staf Kodam (Kasdam) Brigjen TNI Dedi Sambowo pada acara penutupan Penilaian Mandiri Maturitas SPIP di Kodam XVIII/Kasuari Tahun Anggarah (TA) 2019, Kamis 7 November 2019 di Ruang Yudha Makodam XVIII/Kasuari, Manokwari, Papua Barat.

Lebih lanjut diungkapkan Mayjen Joppye, kegiatan yang sudah dilaksanakan tersebut diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi para peserta guna memantapkan pelaksanaan tugas di satuan masing-masing di masa depan, seiring dengan pelaksanaan Penilaian Mandiri Maturitas SPIP di lingkungan TNI AD.

“Untuk itu, wawasan dan pengetahuan serta pemahaman materi yang telah diterima, agar diaplikasikan dengan sebaik-baiknya guna meningkatkan pencapaian hasil tugas dan kinerja di satuan masing-masing,” ungkapnya.

Inspektur Jenderal Angkatan Darat (Irjenad) Mayjen TNI Suko Pranoto, dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Kolonel Inf Suko Basuki, S.H. mengatakan, kesungguhan para personel dalam mengikuti kegiatan merupakan cerminan dan rasa tanggung jawab dan dedikasi dalam meningkatkan profesionalitas, khususnya dalam mendukung pemantapan nilai Maturitas TNI AD.

Lebih lanjut dikatakan Irjenad, nilai Maturitas SPIP menunjukkan ukuran kualitas dari sistem pengendalian intern pada suatu instansi. Makin tinggi Maturitasnya maka akan semakin tinggi dan semakin baik pula kualitas sistem pengendalian intern instansi tersebut.

“Terkait hal itu, untuk mencapai kualitas pengendalian intern yang baik, maka organisasi TNI Angkatan Darat harus memenuhi parameter yang telah ditetapkan oleh Tim BPKB,” kata Irjenad, Mayjen TNI Suko Pranoto.

Dari hasil Penilaian Mandiri Maturitas SPIP TA. 2019 ini, lanjut Irjenad, nantinya akan dapat diketahui berapa tingkat Maturitas organisasi TNI Angkatan Darat secara menyeluruh. Tingkat Maturitas itu merupakan perangkat kerja yang memuat karakteristik dasar, yang dapat menunjukkan tingkat kematangan penyelenggaraan SPIP yang terstruktur dan berkelanjutan.

Selanjutnya, tingkat Maturitas ini dapat di gunakan sebagai instrumen evaluatif penyelenggaraan SPIP dan panduan umum untuk meningkatkan Maturitas sistem pengendalian intern TNI AD.

“Perlu saya ingatkan kembali bahwa tujuan akhir dari sistem pengendalian intern ini adalah tercapainya pengelolaan keuangan negara yang efektif, efisien, dan akuntabel. Oleh karena itu, saya harapkan seluruh komponen TNI AD harus mendukung secara optimal dan berkesinambungan peningkatan kualitas sistem pengendalian intern TNI AD ini,” ujar Irjenad.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Irdam XVIII/Kasuari Kolonel Inf Frenky E. Riupassa, S.Sos, para Asisten dan Kabalakdam XVIII/Kasuari, serta beberapa perwakilan dari masing-masing staf dan Balakdam XVIII/Kasuari.

Berita Terkait