Usul Hak Istimewa Penerima Vaksin, Menkes Apresiasi Ide Aliyah Mustika Ilham

Terkini.id, Jakarta – Komisi IX DPR RI menggelar Rapat Kerja (Raker) dengan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, serta Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Dirut PT Bio Farma Honesti Basyir, di Ruang Rapat Komisi IX DPR RI, Senayan, Kamis 14 Januari 2021.

Di tengah berlangsungnya Rapat Kerja, Anggota DPR RI, Aliyah Mustika Ilham, mengusulkan adanya hak istimewa yang diberikan bagi penerima vaksin. 

Dalam kesempatan itu, Aliyah menanyakan apakah ada hak istimewa bagi mereka yang telah lolos vaksin.

“Semisal mendapatkan sertifikat sehingga memudahkan mereka saat akan melakukan perjalanan via udara ataupun mengikuti beberapa kegiatan lainnya, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” sambung mantan Ketua PKK Kota Makassar ini.

Mungkin Anda menyukai ini:

Besar harapan Aliyah Mustika Ilham kepada pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan agar mereka yang sudah diberi vaksin dapat diberikan bukti untuk memudahkan mereka atau ada perlakuan khusus.

Baca Juga: Beberkan Efek Vaksin, Komnas KIPI: Penerima Alami Muntah Hingga Kejang

“Misalnya ketika ingin melakukan perjalanan sebagai pengganti swab, dan atau acara keramaian-keramaikan lainnya,” 
terang anggota DPR-RI dari Partai Demokrat mewakili Dapil Sulawesi Selatan I itu.

Sementara Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, mengapresiasi dan menerima ide yang diutarakan Aliyah Mustika Ilham.

Menurut dia, pihaknya akan melakukan pembahasan lebih lanjut terkait adanya sertifikat ataupun hak istimewa terkait penerima vaksin yang dinyatakan lolos.

Baca Juga: Anggaran Insentif Nakes akan Dipangkas, Ini Kata Aliyah Mustika Ilham

“Usulan ibu sangat bagus, akan segera kami lakukan komunikasi lanjutan bersama Kominfo, agar dapat diterbitkan sertifikat digital, yang nantinya dapat digunakan saat akan melakukan perjalanan,” tuturnya.

Budi pun berharap dengan adanya pemberian sertifikat ini masyarakat bersedia divaksinasi, dengan catatan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Raker yang digelar secara tatap muka dan virtual juga disiarkan secara live sehingga disaksikan oleh masyarakat umum. 

Selain apresiasi dari Menkes, usulan Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham juga mendapat komentar positif dari pemirsa. 

“Setelah divaksin mungkin tidak perlu lagi test swab untuk naik pesawat,” tulis Dumai Muda Peduli dalam kolom komentar.

Bagikan