Video Detik-detik Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo Ambruk di Solo, Begini Aksi Refleks Gibran

Terkini.id, Jakarta – Diduga karena kelelahan, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Herliani Tanoesoedibjo ambruk dan jatuh pingsan.

Peristiwa itu terjadi saat dia menghadiri launching atraksi budaya prajurit keraton di Kori Kamandungan Keraton Solo, Jawa Tengah, Sabtu 6 Sore.

Diketahui, Angela sempat menyampaikan sambutannya dalam acara launching ini berlangsung sekitar pukul 15.30 WIB tersebut.

Baca Juga: Geram Dengan Politisi Kerap Lontarkan Kritik Terhadap Kabinet Baru, Teddy...

Namun di tengah acara, wakil menteri termuda di Kabinet Indonesia Maju ini jatuh pingsan.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo saat diperkenalkan Presiden RI, Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat 25 November 2021.

Baca Juga: Ilmuwan Dipecat, Wamen Malah Ditambah, Rizal Ramli Sindir Pemerintahan Jokowi:...

Sebelum acara launching di Keraton Solo, Angela sempat berkunjung ke Rumah Atsiri Indonesia di Kabupaten Karanganyar.

Ia memantau fasilitas penginapan hingga rumah produksi essential oil atau minyak terapi di destinasi wisata Atsiri tersebut.

Setelahnya, Angela bertolak ke Kota Solo untuk menghadiri acara launching atraksi budaya prajurit keraton.

Baca Juga: Ilmuwan Dipecat, Wamen Malah Ditambah, Rizal Ramli Sindir Pemerintahan Jokowi:...

Kegiatan tersebut berlangsung di Kori Kamandungan Keraton Solo dan dimulai sekitar 15.30 WIB.

Rangkaian kegiatannya diawali dengan atraksi parade prajurit keraton Solo. Setelah itu dilanjutkan konferensi pers kepada awak media terkait dengan kegiatan itu.

Pangageng Parentah Keraton Solo KGPH Dipokusumo menjelaskan bahwa launching atraksi prajurit Keraton Solo ini adalah sarana untuk menggaet tarik wisatawan.

“Sebetulnya prajurit-prajurit keraton juga atraksi budaya yang bisa ditampilkan untuk keperluan daya tarik wisata budaya,” ungkap Dipo, mengutip Kompas.com, Sabtu 6 November 2021.

Selama acara berlangsung, Angela berdiri bersebelahan dengan KGPH Dipokusumo. Mereka menghadap ke mic pengeras suara.

Angela mendapat kesempatan pertama menyampaikan sambutannya kepada media terkait launching atraksi prajurit keraton. Kemudian, sambutan dilanjutkan oleh Gusti Dipo panggilan KGPH Dipokusumo.

Di tengah jalannya sambutan Gusti Dipo, terjadi insiden tak terduga. Putri pertama Hary Tanoesoedibjo yang berdiri di sebelahnya tampak limbung dan sempoyongan. Ia pingsan.

Gusti Dipo yang tengah memberikan sambutannya langsung memberikan pertolongan kepada Angela yang hampir terjatuh.

Pertolongan itu juga diberikan Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak dan panitia acara. Dengan segera, Angela dibopong ke dalam keraton.

Diduga karena Lelah

Deputi Pengembangan Produk dan Penyelenggaraan Kegiatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Riski Handayani mengatakan bahwa penyebab Angela pingsan adalah karena kelelahan.

“Beliau kelelahan sepertinya. Kami tadi habis dari Rumah Atsiri tapi baik-baik saja. Mungkin beliau banyak kesibukan,” tutur dia seperti dikutip dari kompascom.

Pihaknya juga menyampaikan bahwa belakangan, Angela sedang sibuk memantau kegiatan-kegiatan di bawah naungan Kemenparekraf, terkait dukungan dan bantuan pemerintah.

“Saat ini lagi banyak kesibukan. Jadwal beliau juga sangat padat dari kemarin. Beliau juga sedang memantau semua kegiatan-kegiatan di Kemenparekraf terkait dukungan dan bantuan pemerintah,” terang dia.

Jejak karir Angela Tanoesoedibjo
Angela Tanoesoedibjo ditunjuk sebagai Wamenparekraf dan dilantik bersama 11 wakil menteri lain oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 25 Oktober 2019.

Melansir Kompas.com, 25 Oktober 2019, perempuan kelahiran Ottawa, Kanada pada 23 April 1987 ini menempuh pendidikan strata satu di Universitas Technology Sydney. Ia kemudian kuilah S2 di Universtas New South Wales.

Ia pernah menjabat sebagai Direktur Media Nusantara Citra (MNC), Wakil Direktur RCTI, dan Wakil Direktur GTV. Pada 2018, Angela ditunjuk sebagai Managing Director RCTI dan GTV.

Angela juga sempat menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Perindo, menemani Ahmad Rofiq yang menjabat sebagai Sekjen.

Jokowi secara khusus memuji pengalamannya dalam bidang media, sehingga diharapkan dapat mempromisikan pariwisata di Indonesia.

Dalam sebuah diskusi, Angela mengatakan bahwa Jokowi memintanya untuk mengembangkan 10 destinasi wisata baru.

Aksi Refleks Gibran Rakabuming

Angela pingsan saat Dipokusumo sedang memberi keterangan pers, tiba-tiba tubuh Angela limbung ke kiri atau ke arah Dipokusumo. 

Tangan Gibran sempat hendak menolong Angela, namun badan Angela lebih mengarah kepada Dipokusumo.

Sontak Dipokusumo menahan tubuh Angela agar tak jatuh. Kemudian Kapolresta Surakarta dan Dandim Surakarta beserta sejumlah orang di belakang membopong Angela ke belakang. Saat itu memang acara telah selesai. Dipokusumo pun sudah hampir selesai memberi keterangan.

Setelah terjatuh, Angela Tanoesoedibjo dibopong ke belakang dan mendapatkan pertolongan. Setelah ditangani, sekira 10 menit kemudian Angela siuman dan tersadar.

Bagikan